Politik Pemerintahan

IISMEX Tahun 2019

Paviliun Jawa Timur Pamerkan Inovasi, Curi Perhatian Dunia Internasional

Surabaya (beritajatim.com) – Pemprov Jawa Timur mengikuti pameran International Indonesia Smart City Expo and Forum (IISMEX) tahun 2019. Sejumlah inovasi pemprov akan dipamerkan hingga mencuri perhatian dunia internasional.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Indah Wahyuni saat dikonfirmasi beritajatim.com, Rabu (17/7/2019) mengatakan, pada pameran IISMEX tahun 2019, Pemprov Jatim bersama Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Banyuwangi mengikuti pameran yang dilaksanakan pada 17-19 Juli bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, dengan luas stand 96 meter persegi.

“Pameran ini akan dibuka Bapak Wapres RI Jusuf Kalla dan dihadiri perwakilan negara asing, kementerian lembaga, pemerintahan daerah dan pihak swasta sebanyak kurang lebih 1000 orang,” katanya.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Pemkab Banyuwangi atas keberhasilannya menempati peringkat dan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada mantan Walikota Madiun atas keberhasilan kinerjanya pada tahun 2017.

“Dan, prestasi yang diterima oleh Provinsi Jatim. Maka, Provinsi Jatim mendapatkan stand paviliun secara gratis seluas 96 meter persegi,” tuturnya.

“Pameran ini bertujuan untuk mempublikasikan inovasi yang telah diwujudkan oleh Provinsi Jatim kepada dunia internasional,” jelas pejabat wanita yang akrab disapa Yuyun ini.

Adapun peserta Pameran Jatim dengan inovasi sebagai berikut:

1. PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI DENGAN ‘SMART KAMPUNG’

2. PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO DENGAN ‘THE SMART INVESTMENT CITY’

3. DINAS PEKERJAAN UMUM SUMBER DAYA AIR PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘SISTEM INFORMASI BENCANA BANJIR (SIBB)’

4. BANK JAWA TIMUR LOUNGE

5. DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘SISTEM ANALISA GURU DAN TENAGA PENDIDIKAN DAN SISTEM INFORMASI INOVASI SEKOLAH’

6. BIRO ORGANISASI SETDA PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP)’

7. BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘PELAYANAN ONLINE PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI INDOMARET (LAYANAN SAMSAT INDOMARET)

8. DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘SMART ENERGY, INFORMASI PLTSA DENGAN SISTEM PIROLISIS’

9. DINAS KOMINFO PROVINSI JAWA TIMUR

10. DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN HARGA PANGAN (SIPAP)’

11. BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN ‘INARISK’ (SISTEM INFORMASI POTENSI BENCANA) DAN SMART PB (SISTEM INFORMASI PENANGGULANGAN BENCANA)

12. BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN DENGAN ‘APLIKASI PELAYANAN BARANG DAN JASA (APEL BAJA)’

“Pameran ini merupakan wujud sinergi antar OPD di lingkungan Pemprov Jatim dengan Pemkab dan Pemkot di Jatim dalam mendukung Jatim Cettar (cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif),” pungkasnya. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar