Politik Pemerintahan

Pasutri Berebut Kursi Kepala Desa Pertapan Maduretno di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pasangan suami isteri yang menjadi Calon Kepala Desa Pertapan Maduretno Kecamatan Taman, Heru Sutiyo dan Siti Nur Hayati berebut kursi dalam pilkades, Minggu (20/12/2020).

Warga Desa Pertapan Maduretno yang memiliki hak suara juga antusias mencoblos Cakades Nomor 1 Heru Sutiyo dan Cakades Nomor 2 Siti Nur Hayati.

Pilkades ini juga menerapkan protokol kesehatan. Mulai menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Pemilihan Kepala Desa sangat diminati warga. Sebab menentukan masa depan desa setempat,” ujar Sekdes Pertapan Maduretno, Herviya Zulfa.

Zulva menjelaskan, sejak dibukanya TPS, warga sudah terlihat mengantre untuk memberikan hak suara terhadap calon kades yang diidamkan. Jumlah total sebanyak 3.298 DPT, surat suara tercoblos mencapai 90 persen.

Tingkat antusiasme masyarakat pada Pilkades hari ini lebih terlihat dibanding pemilihan kemarin. “Di desa ini ada sekitar 7 TPS, dan semuanya sudah menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Karyoto warga setempat menandaskan, Heru merupakan calon incumbent. Dia mengaku menginginkan Heru kembali memimpin desanya. “Karena periode lalu, kami sudah merasakan langsung bagaimana pak Heru melayani masyarakat. Beliau lebih mementingkan warga, bantuan-bantuan dari pemerintah pusat pun sampai ke warga,” ucap Karyoto.

Sumini (50) warga lainnya rela berjalan sembari menggunakan tongkat untuk meramaikan kontestasi pilkades. “Senang sekali (nyoblos). Pelayanannya ramah, semoga kedepan menjadi lebih baik lagi,” singkat Sumini.

Sementara itu, Siti Nur Hayati mengaku akan tetap melanjutkan program yang dijalankan suaminya jika nantinya terpilih sebagai Kepala Desa.

Menurutnya, seorang ibu tidak hanya bisa mengurus rumah tangga, melainkan mengasah kemampuan dibidang lainnya. Seperti pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, koperasi dan lain sebagainya. “Bahkan ada beberapa kerajinan di sini yang sudah masuk ekspor. Seperti kerajinan tas (kulit), pembuatan kue, jamu dan lain-lain,” papar Siti. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar