Politik Pemerintahan

Pastikan Terdata, Komisioner KPU Jatim Coklit Tomas Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) ke sejumlah tokoh masyarakat di Sumenep.

“Sesuai instruksi KPU RI, sekarang ini gerakan coklit serentak di 270 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang,” kata Komisioner KPU Jawa Timur, Miftahurrazaq, Sabtu (18/7/2020).

Ia melakukan coklit langsung ke sejumlah tokoh masyarakat, bersama komisioner KPU Sumenep dan jajarannya. Beberapa tokoh yang didatangi ke kediamannya diantaranya Bupati Sumenep, A. Busyro Karim di Beraji, Kecamatan Gapura, kemudian budayawan sang ‘celurit emas’ D. Zawawi Imron di Kecamatan Batang-batang.

Selanjutnya, ke Pondok Pesantren Al Amin Prenduan, dan ke sosok viral di Sumenep, rujak ‘Syahrini’ di Kecamatan Saronggi. “Kedatangan kami ke kediaman mereka langsung melakukan coklit untuk memastikan mereka terdata sebagai pemilih dalam pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Sumenep,” ujarnya.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada, coklit tersebut dilakukan hingga 13 Agustus 2020. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi para calon pemilih secara ‘door to door‘.

“Masyarakat bisa melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan sudah terdaftar atau belum, melalui laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Apabila ada perbedaan data, maka bisa disampaikan ke PPDP saat mendatangi rumah calon pemilih,” terangnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar