Politik Pemerintahan

Pastikan Tak Ada Yang Mudik, ASN Pemkab Sumenep Wajib ‘ShareLoc’

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep ingin memastikan seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) setempat tidak mudik lebaran tahun ini.

“Sekarang ini situasinya masih pandemi Covid-19. Karena itu, ASN dilarang mudik lebaran. Selain tanggal merah, maka itu merupakan hari kerja dan ASN wajib masuk kerja seperti biasa,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Selasa (26/05/2020).

Ia menjelaskan, sesuai aturan dari Pemerintah, cuti bersama lebaran ditiadakan dan digeser pada akhir Desember 2020. Pihaknya mengaku melakukan pemantauan terhadap ASN di wilayah Pemkab Sumenep. “Ada pemantauan yang dilakukan oleh BKPSDM dan tim melalui presensi manual yang dilaporkan masing-masing Kepala OPD ke Bupati,” ujarnya.

Bahkan tidak hanya itu, sambung Busyro, setiap ASN diminta melakukan share location melalui aplikasi whatsapp ke pimpinan masing-masing. Berbagi lokasi terkini itu dilakukan sejak Jumat (22/05/2020) sebelum Lebaran hingga hari ini.

“Dengan shareloc, maka tidak bisa bohong. Lokasinya dimana akan terlacak oleh GPS. Kalau mudik ke luar kota, pasti akan ketahuan,” tandasnya.

Ia menambahkan, bagi ASN yang nekat mudik dan tidak masuk kerja, maka pihaknya telah menyiapkan sanksi bagi yang bersangkutan. “Pasti ada sanksi bagi yang melanggar larangan mudik. Sanksinya kita sesuaikan dengan aturan yang ada,” ucapnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar