Politik Pemerintahan

Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran, Pemkot Kediri Sidak Pasar Modern

Kediri (beritajatim.com) – Menjadi rahasia umum, jelang hari raya Idul Fitri kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan, bahkan kelangkaan. Tidak mau hal tersebut terjadi, Pemerintah Kota Kediri bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah menggelar sidak pasar gabungan.

“Hari ini (5/5/2021) kami TPID Kota Kediri bersama dengan Bank Indonesia, UPT Perlindungan Konsumen, dan BPOM melakukan sidak bahan kebutuhan pokok di pasar modern,” ungkap Edi Darmasto, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Rabu, (5/5).

Dalam sidaknya tersebut, pihaknya memastikan bahwa sejumlah komoditas kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, telur dan sebagainya dalam keadaan aman. Disamping itu juga tidak ditemui bahan kadaluarsa. “Alhamdulillah stok aman, mulai dari beras, daging, telur, ayam, sudah kami pastikan tidak ada masalah,” tandasnya.

Hanya saja pihaknya menemukan satu produk sarden dalam kemasan yang dalam keadaan penyok atau kemasan rusak. “Seharusnya itu sudah harus segera ditarik, ini tadi langsung ditindak lanjuti,”kata Edi.

Sementara itu, terkait harga tidak dijumpai lonjakan yang signifikan. Ia mengatakan bahwa untuk harga kebutuhan pokok di pasar modern masih dalam batas normal. “Harganya relatif normal tidak ada masalah kenaikan harga berlebihan,” terang Edi.

Sidak pasar modern ini dilakukan disejumlah supermarket, diantaranya di Hypermart, Kediri Town Square dan Transmart, Kediri Mall. Selain memastikan ketersediaan kebutuhan masyarakat, tim sidak gabungan juga memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan maksimal.

“Kami amati untuk penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik, seperti ketersediaan handsanitizer, pengaturan jarak, hingga kewajiban para pengunjung dan karyawan supermarket untuk memakai masker, dijalankan dengan baik,”pungkas Edi. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar