Politik Pemerintahan

Pastikan 6 Pasien Positif Corona, Gubernur Jatim: Tetap Tenang, Suasana Terkendali

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah mengkonfirmasi kebenaran berita enam pasien positif COVID-19 yang berasal dari RS di Surabaya. Sedangkan di Jatim, untuk orang dalam pemantauan (ODP) ada 25 orang dan 16 orang pasien dalam pengawasan (PDP).

“Teman-teman pasti ingin update apa yang tadi diumumkan oleh Dokter Yuri (Dokter Achmad Yurianto, Jubir Kepresidenan Satgas Penanganan Corona). Dan, saya sudah koordinasi dengan seluruh tim gugus termasuk adalah dengan Direktur-direktur Rumah Sakit, kalau itu adalah realitas, itu fakta. Artinya, kewaspadaan yang harus kita bangun sudah harus lebih komprehensif lagi,” katanya kepada wartawan usai bertemu pengusaha se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/3/2020).

Menurut gubernur, titik-titik di mana yang harus di-tracing sudah langsung dikoordinasikan dengan tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya. “Karena itu saya ingin mengajak seluruh warga Jawa Timur tetap tenang, karena sepertinya suasana sangat terkendali. Kami Insya Allah bekerja sangat komprehensif. Enam pasien positif itu terkonfirmasi semua dari Surabaya, dari RS yang ada di Surabaya. Tracing langsung sudah kita siapkan secara digital, titik-titik misalnya H-berapa komunikasi sama siapa dan dimana,” tuturnya.

Gubernur juga menjelaskan, ada pasien yang positif corona tersebut yang mereka memeriksakan diri dan minta dirawat di RS. “Ada tanda yang mengindikasikan mereka pro-aktif. Ada harapan sembuh kalau punya keinginan ngecek. Enam pasien itu kondisi dalam keadaan sehat, karena kalau olahraga bagus dan ketahanan tubuh bagus sangat membantu,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Prof Maria Lucia Inge Lucida, Ketua Institut Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) mengkonfirmasi adanya 6 Spesimen Positif Corona, Selasa (17/3/2020).

Prof Inge membenarkan bahwa ITD mengkonfirmasi bahwa 6 pasien positif Corona Covid 19 melengkapi jumlah 172 Pasien Positif yang dinyatakan Jubir Kepresidenan Satgas Penangangan Corona, Dr Achmad Yurianto, pada Minggu (15/3/2020). “Iya benar, sudah confirm 6,” ujar Prof Inge kepada beritajatim.com

Namun Prof Inge mengatakan bahwa 6 pasien positif tersebut tidak datang dari 1 rumah sakit, melainkan dari berbagai rumah sakit di Surabaya. “Saya tidak bisa bilang rumah sakitnya mana karena bukan kewenangan kami. 6 orang tersebut dari berbagai rumah sakit di Surabaya. Tidak bisa disebut spesifik dari 1 rumah sakit saja,” tukasnya. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar