Politik Pemerintahan

Paspor Calon Jamaah Haji Dapat Prioritas

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Tanjung Perak Kelas I di Kabupaten Bojonegoro membuka pelayanan prioritas bagi pengurusan paspor calon jamaah haji (CJH). Salah satunya masih membuka pelayanan di hari Sabtu, (2/3/2019).

Supervisor UKK Kelas I Tanjung Perak di Bojonegoro Meylando Yoga Perdana mengatakan, khusus pelayanan permohonan paspor bagi calon jamaah haji ini untuk mempercepat penyelesaian pembuatan paspor bagi para calon jamaah haji.

“Di khususkan hari Sabtu mendapat pelayanan ekstra. Hari ini target bisa melayani sebanyak 150 pemohon,” ujar Lando, sapaan akrabnya.

Pengajuan pengurusan paspor bagi calon jamaah haji tersebut mulai dilakukan sejak Februari. Saat ini, menurut dia, masih ada sekitar 120 calon jamaah haji yang masih daftar tunggu pembuatan paspor. “Targetnya Senin sampai Selasa depan sudah selesai,” ungkapnya.

Prioritas bagi pemohon calon jamaah haji itu menurut dia, agar tidak ada keterlambatan dalam pengurusan administrasi bagi warga yang akan melakukan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Apalagi, lanjut dia, warga yang mendaftar haji juga harus menunggu belasan tahun baru bisa berangkat.

“Sebelumnya kami sudah kerjasama dengan Kemenag dan melakukan breafing terlebih dahulu agar saat pengajuan tidak terjadi kekurangan berkas,” terangnya.

Beberapa syarat pengajuan paspor yang harus dilengkapi, diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran. “Akta kelahiran ini bisa diganti ijazah atau serta setoran jamaah haji,” ungkap Lando.

Sedangkan bagi calon jamaah haji yang sudah memiliki paspor yang pembuatannya di atas tahun 2009 dan melakukan perpanjangan bisa hanya menggunakan KTP. Setelah permohonan berkas, pencetakan paspor bisa dilakukan tiga sampai empat hari.

Sekadar diketahui, calon jamaah haji asal Kabupaten Bojonegoro yang akan berangkat tahun 2019 ini sebanyak 1.215 jamaah. Mereka dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada Juli 2019 mendatang. Rencana keberangkatannya akan dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter). [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar