Politik Pemerintahan

Paslon NIAT dan QA Serahkan Desain APK ke KPU

Gresik (beritajatim.com) – Dua tim pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) dan M.Qosim-Asluchul Alief (QA) menyampaikan desain perubahan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) ke KPU Gresik.

Penyerahan desain diterima langsung oleh Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun di Kantor KPU Gresik di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Jumat (2/10/2020).

Sesuai ketentuan desain APK BK disampaikan kepada KPU maksimal 5 hari setelah penetapan nomor urut. “Kedua tim kampanye sudah menyampaikan desain, meskipun sempat ada kesalahan ejaan nama dan desain APK. Namun, sudah kita sepakati bersama,” ujar Makmun.

Dalam dua minggu kedepan proses cetak akan dirampungkan. Selanjutnya, KPU memberikan ke masing-masing tim untuk dikoreksi. Jika tidak ada yang salah dalam cetakan APK, maka minggu ke tiga langsung diserahkan ke masing-masing paslon untuk segera dipasang.

KPU Gresik akan memfasilitasi APK bagi masing-masing paslon. Setidaknya, pihak penyelenggara akan mencetak 1.077 APK yang akan diberikan kepada masing-masing tim kampanye. Jika ditotal, pihak KPU akan mencetak 2.154 buah APK.

APK tersebut sesuai dengan desain dari masing-masing tim kampanye. Yaitu berupa baliho, umbul-umbul dan spanduk. “Untuk pemasangannya kami serahkan kepada masing-masing tim untuk dipasang dilokasi yang sudah ditentukan oleh KPU Gresik,” imbuh Makmun.

Kendati demikian, KPU mengatur ada beberapa titik yang tidak boleh dipasangi bahan kampanye. Artinya lokasi itu bebas dari pemasangan APK. Lokasi tersebut adalah tempat ibadah, lembaga pendidikan, rumah sakit atau layanan kesehatan hingga gedung atau fasilitas umum milik pemerintah.

Makmun menuturkan para paslon juga diberikan hak untuk mencetak maksimal 200 persen dari jumlah yang difasilitasi oleh kamu. Sehingga jika ditotal, dalam Pilkada Gresik nanti akan terpasang sebanyak 6.462 APK. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar