Politik Pemerintahan

Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Malang Wajib Lepas Jabatan

Malang (beritajatim.com) – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang siap menanggalkan jabatannya serta mengajukan cuti untuk mengikuti pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Hal itu dibuktikan dengan surat pernyataannya pada saat pendaftaran ke KPU Kabupaten Malang, sejak tanggal 4 September 2020 lalu.

Masing-masing pasangan calon, diharuskan mengajukan mundur dari jabatannya. Komisioner KPU Bagian Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM KPUD Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, paling lambat 5 hari setelah KPU resmi menetapkan sebagai paslon, yakni 23 September mendatang, paslon harus mundur dari jabatannya.

“Sedangkan keputusan resmi dari instansi terkait, seperti DPRD maupun DPR RI paling lambat 30 hari sebelum pencoblosan,” terang Dika saat ditemui di kantornya, Selasa (15/9/2020).

Diketahui, Paslon yang sudah dipastikan akan berkompetisi dalam Pilkada Kabupaten Malang mendatang sejauh ini ada dua, yakni Paslon HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (Sandi) dan Hj Latifah Shohib-Didik Budi Muljono (Ladub).

Dua orang diantara kedua paslon tersebut sebelumnya menjabat sebagai legislatif, yakni Latifah Shohib sebagai Anggota DPR RI dan Didik Gatot Subroto sebagai Anggota DPRD Kabupaten Malang. Sedangkan HM Sanusi menjabat sebagai eksekutif, yakni Bupati Malang.

“Sesuai Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, pejabat legislatif harus mengundurkan diri, sedangkan untuk eksekutif tidak harus mengundurkan diri, tapi cukup mengajukan cuti,” tegasnya.

Hanya saja, KPU Kabupaten Malang saat ini sedang menunggu untuk undang-undang bagi pejabat eksekutif yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Sebab, menurut Dika Pemerintah Pusat saat ini sedang mewacanakan perubahan undang-undang untuk pejabat eksekutif yang mencalonkan diri tersebut.

“Wacananya, kepala daerah yang mencalonkan kembali sebagai calon kepala daerah lagi tidak perlu cuti, tapi cukup izin. Tapi masih belum, tunggu saja nanti,” paparnya. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar