Politik Pemerintahan

Pasar Mitra Tani Bantu Distribusi Petani Gresik

Pasar Mitra atau Toko Tani Gresik Centre

Gresik (beritajatim.com) – Pasar Mitra atau Toko Tani Gresik Centre diharapkan bisa membantu distribusi petani setempat. Keberadaan pasar mitra itu, nantinya menjadi tempat display berbagai produk pertanian.

Berbagai macam produk makanan dan minuman berbasis hasil pertanian dipamerkan dengan harga murah serta berkualitas.

Salah satu contohnya yakni beras tipe IR 64 dengan kualitas medium non poles dijual dengan harga Rp 43 ribu dalam kemasan 5 kilogram. Beras tersebut ternyata cukup bagus dan pulen saat dimasak.

“Enak, nasinya juga beraroma harum. Sebaiknya seluruh ASN yang ada di lingkup Pemkab Gresik membeli beras disini, karena sangat bagus,” ujar Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min), Selasa (6/04/2021).

Alasan Bu Min Wabup mempromosikan produk beras petani ini karena dia ingin agar petani Gresik bisa menikmati hasil produksinya dengan harga seuai harga pasar.

“Program ini selain melaksanakan program nawa karsa Bupati Gresik yaitu Gresik agropolitan. Program ini juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan dengan mengurangi disparitas harga,” katanya.

Diakui Bu Min, cara ini bisa memperpendek distribusi, yang mulanya melalui 6 sampai 7 titik distribusi. Dengan program ini bisa menjadi hanya 2 sampai 3 titik distribusi. Hal ini selain menguntungkan masyarakat, petani juga untung karena produksinya bisa dijual sesuai harga pasar.

Melihat produk pertanian Gresik yang bermutu baik ini, Bu Min menggagas selanjutnya produk tersebut bisa dipasarkan di beberapa supermarket di Gresik.

Eko Anandito Putro Kepala Dinas Pertanian (Distan) Gresik mengatakan, pasar mitra tani ini akan menjadi cikal bakal pasar murah.

“Usaha pangan masyarakat ini tersebar di delapan Kecamatan di Gresik. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahterahaan petani,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar