Politik Pemerintahan

Pasar Legi Akhirnya Dibangun, Jokowi Bakal Letakkan Batu Pertama

Satu unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan semak belukar.(foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabar gembira untuk masyarakat Ponorogo, pasalnya pembangunan pasar legi akhirnya dimulai pada awal Februari ini. Kepastian pembangunan pasar yang rencananya 4 lantai itu, setelah ada penandatangan kontrak oleh pemenang lelang mulai tanggal 29 Januari hingga 31 Desember 2020.

”Jadi pengerjaan pembangunan ulang pasar legi ini tercatat hanya 11 bulan,” kata Supriyanto, perwakilan dari balai prasarana permukiman wilayah Jawa Timur Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kamis (6/2/2020).

Menurut pantauan dari beritajatim.com, pada hari Kamis ini, satu unit alat berat melakukan proses pembersihan lahan dari semak belukar. Selain itu para pekerja terlihat melakukan pemagaran keliling. Supriyanto menyebut jika selang 2-3 hari ke depan, akan didatangkan tiang pancang dan langsung dikerjakan.

”Dana sebesar RP 133 miliar dianggarkan untuk pembangunan pasar ini,” katanya.

Untuk acara peletakan batu pertama atau ground breaking, kata Supriyanto pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Pemkab Ponorogo. Kemungkinan Presiden Joko Widodo bisa hadir dalam acara tersebut.

”Insya Allah Presiden Jokowi berkenan hadir, ini masih koordinasi dengan Pemkab Ponorogo,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, data dari laman layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) milik kementerian PUPR, tender pembangunan Pasar Legi sudah ada pemenangnya. PT Adhi Persada Gedung (PT APG) keluar jadi pemenang dari proyek dengan nilai pagu Rp. 165 miliar tersebut. Penetapan PT APG tersebut dilakukan sejak tanggal 6 Januari lalu.

”Dari itung-itungan penetapan, masa sanggah berakhir pada hari ini, tanggal 14 Januari,” kata Kepala Dinas Perdagkum Ponorogo Addin Andanawarih.

Addin menginginkan bahwa tidak ada yang menyanggah ketetapan pemenang tersebut. Sehingga tahapan untuk pengerjaan pasar legi ini bisa segera dilakukan. Karena selama ini masyarakat Ponorogo menantikan siapa pemenang dalam lelang pembangunan pasar itu. Dia juga berharap sang pemenang lelang nanti memiliki kualifikasi dan kesanggupan dalam membangun Pasar Legi.

”Pembangunan Pasar Legi ini sudah dinanti-nantikan masyarakat Ponorogo, terutama para pedagang. Tidak heran jika mereka menginginkan proyek itu segera dikerjakan,” katanya.

Mengenai tahapan-tahapan berikutnya, Addin menyebut jika dirinya belum mendapatkan informasi tambahan dari pihak DPUPR. Setelah masa sanggah, biasanya dilanjutkan dengan penandatangan kontrak.

”Semoga segera teken kontrak dan dimulai pengerjaannya,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar