Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pasar Krempyeng Solusi Perkuatan Ekonomi di Akar Rumput

Bupati Sugiri Sancoko. (Foto/Dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Sugiri Sancoko berkomitmen ingin memperkuat ekonomi di Ponorogo. Salah satunya dengan menyebarluaskan produk lokal ke seluruh penjuru bumi reog. Dia meyakini Ponorogo punya pasar yang kuat dengan adanya produk lokal di tiap desa.

“Apapun produknya, jika dipasarkan ke segala penjuru, tentu pasarnya akan luarbiasa,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Rabu (25/5/2022).

Oleh karena itu, Kang Giri sapaan akrab Sugiri Sancoko tak muluk-muluk dulu untuk memasarkan produk lokalnya ke luar daerah. Menurutnya pihaknya akan memperkuat dulu yang ada di Ponorogo. Salah satunya yang dilakukan dengan mengadakan pasar krempyeng setiap sebulan sekali. “Tiap pasar krempyeng itu punya produk khas masing-masing. Seperti tempe khas Ngrayun atau getuk khas Desa Golan Sukorejo,” ungkapnya.

Ia ingin produk lokal tersebut juga bisa dinikmati di desa lain. Salah satu caranya dengan digital marketing. Untuk pemasaran ini dibutuhkan keterlibatan pemuda dan masyarakat. Mereka bakal dididik untuk ikut memasarka produk-produk lokal itu melalui online.

Lebih lanjut, pasar krempyeng jika rutin digelar, bakan menumbuhkan market share yang baik. Tentu itu harus dimanfaatkan untuk menjual pruduk unggulan ditiap desa. Sugiri mengaku saat mengunjungi pasar krempyeng, tak kurang dari Rp 5 juta dirinya memborong produk-produk yang dijajakan. Hal itu dilakukan untuk memantik perputaran ekonomi di tingkat akar rumput. “Angka pastinya saya tidak tahu. Tetapi saya setiap belanja minimal Rp 5 juta, itu dah pasti. Tak lihat dagangannya juga habis,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar