Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pasar Hewan Magetan Dibuka Jelang Iduladha, Pedagang Sedih Karena Dagangan Tak Laku

Aktivitas pasar hewan pon Parang, hanya ada kambing, sedang sapi tidak ada, Jumat (01/7/2022).

Magetan (beritajatim.com) – Pemkab Magetan akhirnya membuka pasar hewan jelang hari raya Iduladha. Namun, karena bisnis sudah terlanjur lesu, pedagang ternak sedih karena ternak yang mereka jual tak laku. Pasar hanya diramaikan oleh penjual, tapi tidak dengan pembeli.

Seperti pasar hewan pon Parang ini misalnya, sudah tampak sejumlah pedagang kambing sejak pagi telah menggelar dagangannya. Mereka sedih karena tak ada satupun hewan ternak yang laku. “Ya kami menyambut baik kembali dibukanya pasar hewan ini. Tetapi sepi tidak ada yang beli, saya bawa sekitar 17 kambing satupun tidak ada yang beli,” kata Bibit salah satu pedagang kambing, Jumat (1/7/2022)

Kalaupun ada yang beli, mereka harus barter dengan pedagang lain itu pun jika diuangkan jatuhnya juga harga murah. Dirinya memilih membawa kembali kambingnya dari pada merugi. “Kalo saya memilih untuk tidak barter, biarlah saya bawa pulang saja daripada rugi. Mudah mudahan lebaran masih 10 harian bisa laku,” ungkapnya.

Uji coba pasar hewan jelang idul kurban pada pasar parang oleh Pemkab Magetan hari ini tidak tampak satu ekor pun sapi. Pasar didominasi oleh kambing. Para pedagang sapi mengaku ogah coba coba karena tidak laku dan rugi transportasi nantinya.

Disampaikan sebelumnya oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan Nur Haryani, jika pembukaan pasar hewan sifatnya uji coba jelang Idul Adha saja. Setelah itu akan ditutup kembali karena wabah PMK juga belum reda hingga hari ini. “Hari ini kami uji coba pasar, dengan diawasi oleh petugas kesehatan ternak. Hewan hewan yang masuk pasar akan dipastikan kesehatanya. Kemudian ternak luar daerah juga tidak diijinkan masuk,” terangnya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar