Politik Pemerintahan

Partisipasi Pemilih di Pamekasan Lampaui Target

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah menyatakan tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pemilu yang digelar serentak 17 April 2019, melampaui target yang dicanangkan.

Hal itu berdasar penilaian tingkat partisipasi hasil monitoring yang dilakukan di beberapa kecamatan. “Sebenarnya kita target 90 persen, karena kami yakin jumlah itu bisa dicapai dilihat dari animo masyarakat yang sangat antusias,” kata Moh Hamzah, Kamis (9/5/2019).

Rangkaian pesta demokrasi lima tahunan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, prinsipnya rampung sekitar pukul 4:00 WIB, Senin (6/5/2019) lalu. Khususnya pasca Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 ditetapkan KPU Pamekasan, di Gedung PKP RI Jl Kemuning.

“Pemilu kali ini sangat berbeda dengan Pilkada 2018 lalu, sebab pemilu kali ini banyak pihak berkepentingan untuk menarik masyarakat datang ke TPS. Sehingga mereka juga memiliki misi yang sama agar masyarakat bisa menyalurkan hak suaranya,” ungkapnya.

Padahal KPU Pusat hanya menargetkan tingkat partisipasi masyarakat pada angka 77,5 persen. “Dengan banyaknya caleg dari tingkat daerah hingga pusat, kami kira menjadi salah satu indikator menarik masyarakat datang ke TPS menggunakan hak suaranya,” jelasnya.

“Dari itu kami bersyukur, sebab dari target yang kami canangkan, baik dari KPU Pusat maupun KPU Pamekasan sendiri. Semuanya sesuai target bahkan melampaui target yang dicanangkan,” tegasnya.

Sebelumnya KPU Pamekasan mematok target di angkat 90 persen untuk tingkat partisipasi pemilih, sedangkan KPU Pusat berkisar di angka 77,5 persen. Namun berdasar data prosentase pemilih justru melampaui target yang dicanangkan.

Tingkat partisipasi masyarakat untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden mencapai angka 91,20 persen, tingkat DPD sebanyak 91,51 persen, tingkat DPR RI sebanyak 91,19 persen, DPRD Provinsi sebanyak 91,18 persen dan DPRD Kabupaten sebanyak 91,10 persen.

Seperti diketahui, tercatat sebanyak 706.756 orang tercover dalam DPT-HP Pemilu serentak. Jumlah tersebut meliputi sebanyak 341.969 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.787 pemilih perempuan.

Mereka menyalurkan hak suara mereka di 3.139 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didistribusikan di 189 desa dan kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar