Politik Pemerintahan

Partai Koalisi Pro Jokowi Diprediksi Kuasai DPR

Foto ilustrasi

Jakarta (beritajatim.com) – Program-program periode kedua pemerintahan Jokowi diprediksi bakal berjalan mulus. Hal itu karena bakal ditopang oleh dukungan besar 349 anggota DPR yang datang dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Menurut Hasto Kristiyanto Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin, berdasarkan hasil perhitungan internal TKN, partai-partai KIK akan mendapatkan 349 kursi DPR dari 575 kursi untuk periode 2019-2024.

“Berdasarkan perhitungan suara sementara suara di war room TKN, Koalisi Indonesia Kerja akan menjadi mayoritas di DPR. Untuk sementara kami dapat 349 kursi DPR atau lebih dari 50 persen,” ujar Hasto Kristiyanto yang juga Sekjen PDI Perjuangan, Selasa (30/4/2019).

Dengan komposisi seperti, maka roda pemerintahan Jokowi untuk periode kedua akan berjalan lebih efektif, solid dan matang.

Program-program yang sudah disiapkan dan tengah berjalan untuk lima tahun ke depan, dipastikan bakal mendapat dukungan dari DPR, berjalan efektif dan mulus.

“Artinya, dengan mayoritas ini aspirasi rakyat yang diwakilkan oleh para anggota DPR dari KIK, nantinya dapat tersalurkan ke pemerintahan Jokowi,” ujar Hasto.

Berdasarkan hasil quick count alias hitung cepat mayoritas lembaga survei, ada lima parpol KIK yang memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4%. Parpol-parpol itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, dan PPP. Menurut Hasto, berdasarkan hasil internal quick count internal, KIK menguasai 60,7% kursi DPR. [hen/but]

Berikut perolehan partai KIK hasil hitung cepat Charta Politika dengan 99,85% data telah masuk:

PDIP (19,93%)
Partai Golkar (11,8%)
PKB (9,67%)
Partai NasDem (8,20%)
PPP (4,73%)

Apa Reaksi Anda?

Komentar