Politik Pemerintahan

Partai Demokrat Dukung SanDi di Pilbup Malang

Malang (beritajatim.com) – Partai Demokrat memastikan memberikan dukungannya ke pasangan bakal calon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang, HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) dalam pilkada Kabupaten Malang 2020 mendatang.

Kepastian itu, membuat partai Golongan Karya (Golkar) mulai ketar-ketir. Pasalnya, Golkar sebelumnya berharap pada Partai Demokrat bisa melengkapi kebutuhan keterwakilan 20 persen di parlemen atau 10 kursi dalam mengusung pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Malang, Siadi-Tyas Sujud Pribadi.

Dengan bergabungnya partai Demokrat tersebut membuat partai Golkar yang hanya memiliki delapan kursi. Namun, partai berlambang beringin ini ada tambahan satu kursi dari Partai Hanura.

Menanggapi hal tersebut, calon Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, saat ini dukungan partai politik (Parpol) untuk dirinya yang berpasangan dengan Didik Gatot Subroto sudah ada empat partai yang siap mendukungnya dalam kontestasi Pilkada mendatang, ke-empat parpol tersebut yakni Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Demokrat.

“Ya, saat ini partai yang positif mengusung kami yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat, dan PPP. Partai Gerindra masih menunggu finalisasi. Kalau komunikasi ke kami (PDI Perjuangan) sudah bagus,” tegasnya, saat ditemui awak media, Selasa (30/6/2020).

Terpisah, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Joshua Sebayang mengatakan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, kemarin sore (Senin 29/6/2020) telah memutuskan untuk mengusung pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati SanDi dalam Pilkada Kabupaten Malang mendatang.

“Kemarin, sore DPP Partai Demokrat memanggil DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang ke kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur di Surabaya untuk memberikan rekomendasi partai,” ucapnya, saat dihubungi, Selasa (30/6/2020).

Menurut Joshua, partainya mengambil keputusan untuk mendukung Paslon SanDi atas dasar pertimbangan realistis, karena pasangan SanDi dinilai punya visi misi yang kuat untuk Kabupaten Malang.

“Dari zaman Pak Rendra (Mantan Bupati Malang, Rendra Kresna) kan Pak Sanusi sudah jelas visi misinya. Nah, kami menilai saat ini Pak Sanusi berpasangan dengan Pak Didik tentu mempunyai visi misi yang hampir sama. Kan tidak munkin bertentangan dengan visi misi yang dulu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Joshua, atas pertimbangan survey, dimana di berbagai hasil survey Sanusi-Didik cukup kuat dibanding dengan bakal calon yang lain. “Hasil Survey SanDi selama ini masih kuat dibanding calon lain,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar