Politik Pemerintahan

Partai dan Rakyat Jember Tak Sumbangkan Dana Kampanye ke Cabup-Cawabup

Komisioner KPU Jember, Achmad Susanto

Jember (beritajatim.com) – Partai politik dan rakyat Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak menyumbangkan dana kampanye sepeser pun kepada tiga pasang calon bupati dan wakil bupati, dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. Dengan demikian, para kandidat membiayai kampanye sendiri.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum Jember, Sabtu (31/10/2020), calon bupati petahana Faida mengeluarkan Rp 1,85 miliar untuk sumbangan dana kampanye. Sementara sekondannya, Dwi Arya Nugraha Oktavianto, tak menyumbangkan uang sepeser pun. Sebelumnya, dalam laporan awal dana kampanye, pasangan tersebut mencantumkan nominal nol rupiah. Dengan demikian, dana kampanye di rekening mereka Rp 1,85 M.

Pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman melaporkan bahwa tidak memperoleh sumbangan sepeser pun, baik dari pribadi, partai, dan masyarakat. Namun sebelumnya dalam laporan awal dana kampanye, mereka sudah menyebutkan angka Rp 1 miliar. Dengan demikian dana kampanye di rekening mereka tetap Rp 1 M.

Pasangan Abdus Salam dan Ifan Ariadna melaporkan sumbangan Rp 345 juta ke KPU Jember. Namun sumbangan itu berasal dari kantong pribadi sang calon bupati, Abdus Salam. Sebelumnya, dalam laporan awal dana kampanye, mereka mencantumkan angka Rp 100 juta. Dengan demikian total dana kampanye di rekening Salam-Ifan sebesar Rp 445 juta.

Semua sumbangan itu dimasukkan ke rekening yang dibuat awal dan didaftarkan di KPU Jember. “Catatan pengeluaran nanti ada di LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) terakhir. Hari ini mereka melaporkan sumbangan keseluruhannya,” kata Komisioner KPU Jember, Achmad Susanto, Sabtu (31/10/2020). [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar