Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pansus Covid Jilid II DPRD Jember Banyak Lakukan Pendekatan Informal

Ahmad Halim, Ketua Panitia Khusus Covid DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – Ahmad Halim, Ketua Panitia Khusus Covid DPRD Jember, Jawa Timur, mengatakan, pihaknya tak hanya akan melakukan pendekatan formal dengan pemerintah daerah untuk berkomunikasi mencari solusi penanganan pandemi.

Pansus Covid belum melakukan rapat maraton. Namun mereka sudah melakukan pendekatan informal kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani Covid. “Komunikasi akan lebih enak. Ketika ada masalah, sudah bisa cepat teratasi tanpa harus menunggu rapat-rapat formal,” kata Halim.

Pansus juga akan berupaya memberikan jalan keluar setiap persoalan yang dihadapi OPD. “Misalkan bagaimana program vaksin ini cepat selesai merata, tentu kami akan memberikan masukan supaya vaksinasi ini dilakukan melalui puskesmas dan puskesmas pembantu yang bekerja dengan polsek atau koramil. Ini agar sebarannya lebih luas dan merata. Tak hanya terfokus di daerah perkoraan,” kata Halim.

Pansus juga mengecek masalah honor insentif untuk tenaga pemakaman khusus Covid-19. Informasi yang diperoleh Halim menyatakan, honor tenaga pemakaman akan segera cair pekan ini. “Informasi ini disampaikan salah satu Kepala Bidang (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember),” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Covid David Handoko Seto mengatakan, Pansus Covid jilid pertama belum selesai karena keterbatasan waktu. “Pekerjaan pansus masih banyak. Satu sisi pandemi belum berakhir. Jadi kami harus mengawal dengan pansus karena memang untuk menghadirkan lintas OPD tak bisa melakukan pendekatan komisi,” katanya.

Selain itu, menurut David, masih ada sejumlah kelemahan penanganan pandemi. “Banyak keluhan masyarakat terkait pendistribusian bantuan, pelayanan pemakaman menggunakan protokol kesehatan, pelayanan medis dan sebagainya, yang ini pansus perlu mendorong Pemkab Jember agar (bekerja) sesuai yang diharapkan,” katanya.

“Walau pun untuk ke sana kita butuh sinergi, butuh waktu, butuh kerjasama, karena situasi Covid ini semakin memburuk. Mudah-mudahan dengan adanya pansus ini Jember segera kembali ke zona hijau,” kata David.

Pansus akan segera mengundang Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan BPBD untuk mengetahui rencana strategis menangani Covid. Selain itu, penyelesaian tanggungan pemerintah daerah terhadap pihak ketiga yang menggarap proyek terkait penanganan pandemi juga menjadi perhatian. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar