Politik Pemerintahan

Pansel Jaring Calon Pimpinan KPK di Kota Malang

Malang (beritajatim.com) – Panitia seleksi (pansel) KPK menjaring calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Malang. Mereka ingin mencari sosok yang berintegritas dan kompeten, sebagai calon pimpinan KPK, para pendaftar hanya perlu memenuhi syarat pendaftaran administrasi.

Anggota pansel KPK, Hendardi mengatakan bahwa calon pimpinan KPK bukan tokoh nasional saja, tokoh asal daerah juga memiliki kesempatan yang sama. Tokoh-tokoh pegiat anti korupsi di Malang didorong untuk maju sebagai calon pimpinan KPK.

“Pada dasarnya kami panitia seleksi hanya menyeleksi pihak-pihak yang berminat dan berkompeten untuk maju sebagai ketua KPK. Prinsipnya kami jemput bola untuk mendapatkan orang terbaik untuk memimpin lembaga yang baik ini,” kata Hendardi, Kamis, (20/6/2019).

Hendardi mengatakan poin utama calon pemimpin KPK adalah komitmen pencegahan korupsi. Pemberantasan korupsi tetap menjadi fokus utama. Namun paling prioritas adalah upaya pencegahan.

“Pencegahan menajdi isu penting dalam KPK untuk menjadi perhatian calon ke depan. Isu pencegahan, setiap periode punya kepentingan masing-masing. Di periode sebelumnya, kepentingannya adalah untuk menggertak, karena itu OTT menjadi sesuatu yang penting. Tetapi saat ini adalah bagaimana semangatnya mencegah korupsi terjadi,” papar Hendardi.

Wawan Sujatmiko dari Transparency International Indonesia (TII) mengatakan, sejak 4 tahun terakhir kinerja KPK dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi cukup baik. Namun, ada hal yang masih dianggap lemah, yakni KPK belum mau mencabut hak politik tersangka KPK.

“Dalam sektor penindakan, kinerja KPK cukup baik dilihat dari jumlah OTT, asset recovery, pengenaan korporasi sebagai tersangka namun masih minim pencabutan hak politik,” tandas Wawan. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar