Politik Pemerintahan

Panitia Angket akan Panggil 40 Konsultan Proyek

Salah satu rapat panitia angket

Jember (beritajatim.com) – Panitia angket DPRD Jember; Jawa Timur, akan memanggil 40 konsultan proyek pembangunan fisik. Saat ini ada lima konsultan mengaku meminjamkan bendera kepada F, pengusaha yang menguasai proyek konsultasi perencanaan di Jember dan saat ini ditahan jaksa karena kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Manggisan.

Panitia angket tengah menyelidiki kongkalikong proyek di Jember. Hasilnya, lima rekanan konsultan yang dipanggil mengaku mendapat upah delapan persen dari nilai kontrak proyek untuk peminjaman bendera kepada F.

“Menurut informasi dari rekanan, sejak 2017 sudah ada model peminjaman bendera,” kata Wakil Ketua Panitia Angket David Handoko Seto.

Ada modus yang terungkap dalam rapat angket dengan rekanan perencana. Bendera konsultan ini tak hanya untuk mengerjakan perencanaan proyek tapi juga pengawasan. “Kalau satu bendera bisa merencanakan di beberapa titik, rekanan bisa mengawasi di beberapa titik yang tidak direncanakan. Jadi ada pertukaran,” kata David. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar