Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Panglima Koarmada II Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI-AL

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han)

Surabaya (beritajatim.com) – Dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat, Komando Armada II memperingati Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut dengan menggelar upacara militer secara langsung di Dermaga Madura Koarmada II.

Upacara peringatan dipimpin langsung Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han). Sementara itu terlibat sebagai pasukan upacara satu peleton perwira, bintara, dan tamtama, juga Kowal dan PNS Koarmada II. Sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Letkol laut (P) Imam Ibnu Hajar, Komandan KRI Teluk Ende -517.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan, jika saat ini tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“ Oleh sebab itu, pada peringatan Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, terang Kasal, Jumat (10/9/2021)

Sementara terkait isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan taliban di Afganistan yang dinilai dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia, Kasal mengungkapkan jika Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh.

Kasal juga menyinggung tentang konsep Operational Ready Force, atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

Di akhir amanatnya Kasal menegaskan kepada seluruh prajurit, meskipun di tengah pandemi Covid-19, prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari dengan profesional, berani dan tangguh.” Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju,” tegas Kasal.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han)

Ikut hadir dalam upacara yakni Ir Koarmada ,Kapoksahli, Danguspurla,dan Danguskamla Koarmada II, serta para Asisten Pangkoarmada II, dan Komandan Satuan. Selesai upacara dilanjutkan pemotongan tumpeng dan penyerahan tali asih kepada anggota yang memasuki masa purna tugas bertempat di Lounge Majapahit.

Perayaan hari jadi TNI AL tahun ini diperingati oleh Komando Armada II dengan menggelar sejumlah aksi sosial kepada masyarakat, baik yang tinggal di perkotaan hingga pulau terpencil, juga kepada kaum lansia. Aksi tersebut yakni Donor Darah di PTA, Serbuan Vaksinasi tahap 2 bagi masyarakat maritim di Pulau Bawean, pemberian tali asih kepada Purnawirawan, warakawuri TNI AL dan juga para lansia di Panti Wreda Hargo Dedali. Selain kegiatan sosial , juga dilaksanakan Upacara Ziarah ke TMP Kusuma Bangsa , dan doa bersama untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah berjasa di TNI Angkatan Laut. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar