Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pangkalan TNI AL Batuporon Akan Direlokasi ke Sumenep

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat berkunjung ke Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memaparkan rencana relokasi Pangkalan TNI AL Batuporon ke Sumenep, Madura.

“Sumenep ini cukup strategis untuk menjadi markas komando Lanal Madura. Karena itu, kami berencana memindahkan pangkalan TNI Batuporon ke Sumenep,” kata Laksamana Yudo Margono, Minggu (29/05/2022).

Ia berharap agar rencana pemindahan pangkalan TNI AL ke Sumenep bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Mako Lanal direncanakan dibangun di Kalianget.

“Untuk tahap awal sementara tipe C. Kalau bisa nanti akan ditingkatkan menjadi tipe B. Untuk lahan, Menkopolhukan menawarkan lahan PT Garam. Bupati juga menawarkan lahan. Nanti akan kami tinjau lahan -lahan yang ditawarkan,” paparnya.

Pada hari Minggu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono berada di Sumenep untuk dinobatkan sebagai warga Klkehormatan Keluarga besar Kesultanan Karaton Sumenep dan sesepuh kesultanan Karaton Sumenep, bergelar Djojo Noto Segoro. Penganugerahan itu dilakukan di Pendopo Agung Sumenep.

Selain menghadiri penganugerahan khusus keraton Sumenep tersebut, KSAL juga meninjau langsung kegiatan vaksin gratis oleh TNI AL, pengobatan gratis, dan pemberian sembako di Dermaga Pelindo Kalianget. Selain itu, KSAL dan rombongan juga akan melakukan penanaman mangrove, serta peninjauan rumah tidak layak huni (Rutilahu).

“Pelayaran Sumenep ini seperti misalnya di jalur Sepudi, banyak dilalui kapal-kapal asing, karena ini jalur pelayaran internasional. Karena itu, perlu menghadirkan kekuatan Angkatan Laut mulai pangkalan hingga patroli kapal laut,” ujarnya.

Menurut Yudo, untuk rencana pemindahan pangkalan TNI AL ke Sumenep, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya pendalaman alur, agar kapal-kapal bisa masuk. “Karena itu, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk pendalaman alur. Rasanya ini penting untuk dipersiapkan. Tidak sekedar membangun mako,” tandasnya. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar