Politik Pemerintahan

Pandemi, Nasdem Desak Revitalisasi Sektor Pertanian dan Perikanan di Jember

Jember (beritajatim.com) – Fraksi Partai Nasional Demokrat berharap Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, merevitalisasi sektor primer, yakni pertanian dan perikanan, serta meningkatkan pertumbuhan sektor manufaktur.

Hal ini dikemukakan David Handoko Seto, juru bicara Fraksi Nasdem, dalam sidang paripurna pandangan akhir fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020, di gedung DPRD Jember, Rabu (14/7/2021).

Terkait pengembangan sektor primer ini, menurut David, Pemkab Jember hendaknya lebih memperhatikan penyediaan infrastruktur dasar terhadap wilayah pesisir. “Termasuk juga perhatian kepada proyek pembangunan infrastruktur Jalan Lintas Selatan (JLS) yang saat ini mulai kembali dikerjakan,” katanya.

Nasdem ingin pemkab mendorong investasi untuk industri inklusif atau industri yang dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, termasuk sektor pariwisata dan pemberdayaan ekonomi kreatif. “Pemerintah agar benar benar hadir di dalamnya untuk mendukung langsung mekanisme dan pelaksanaan teknisnya.,” kata David.

Salah satunya, kanjut David, adalah dengan mempermudah perizinan investasi di bidang-bidang usaha padat karya, memperbaiki infrastruktur, serta memberikan insentif untuk industri inklusif dan manufaktur. “Kami siap untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember dalam mengatur pemerataan industrialisasi. Sebab sejauh ini industrialisasi Jember masih terpusat pada wilayah tertentu dan bertumpu pada sektor perdagangan dan jasa,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar