Politik Pemerintahan

Pandemi, Media Massa Online Arus Utama Efektif Sosialisasikan Cabup

Jember (beritajatim.com) – Media massa dalam jaringan (online) arus utama merupakan sarana efektif bagi para kandidat bupati dan wakil bupati di Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk menyosialisasikan diri kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Hal ini diakui Ayub Junaidi, Wakil Ketua Tim Pemenangan Salam-Ifan, dan Bobby Rahadyan, Sekretaris dan Juru Bicara Biro Media Hendy Siswanto-Gus Firjaun, Rabu (21/10/2020). Mereka berharap Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember bisa memanfaatkan semaksimal mungkin waktu 14 hari terakhir masa kampanye untuk memfasilitasi pemasangan iklan di media massa arus utama dalam jaringan.

“Media massa online arus utama jelas kredibilitasnya tidak diragukan, profesional, sebaran luas, pembaca dan segmennya jelas. Kedua, pada masa pandemi, kami sudah mendapat imbauan dari pemerintah dan ada peraturan yang jelas, bahwa interaksi secara langsung dibatasi. Kehadiran media massa arus utama sangat penting, karena bisa menyampaikan program dan materi kampanye kepada khalayak,” kata Bobby.

Ayub menambahkan, media massa daring arus utama sudah menggerus pembaca media massa platform lainnya seperti cetak. “Siapa yang hari ini yang tidak tergantung dengan media online, karena per detik sudah berubah (pemutakhiran berita terbaru, red). Ter-update terus. Dalam situasi pandemi seperti ini yang paling cocok ya media online,” katanya.

Ayub sepakat jika KPU memaksimalkan fasilitasi kampanye via media massa online arus utama. “Kalau koran berapa sih oplahnya? Kalau media online kan selama dia punya paket data, pasti terkoneksi,” katanya.

Pandemi covid, dalam pandangan Ayub, membuat masyarakat takut datang ke tempat pemilihan suara. “Padahal salah satu indikasi suksesnya pemilu adalah tingginya angka partisipasi. Kira-kira bisa tidak KPU menjamin sukses, tanpa diimbangi model kampanye seperti ini (melalui media massa online),” kata pria yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Jember ini.

Andi Wasis, komisioner Komisi Pemilihan Umum Jember yang membidangi kampanye, mengatakan, fasilitasi kampanye melalui media massa arus utama disesuaikan dengan anggaran yang ada. “Saya tidak hapal berapa anggaran iklan kampanye. Nanti kami cek,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar