Politik Pemerintahan

Pandemi Covid-19, KPU Sumenep Siapkan 2500 TPS Pilbup 2020

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menghitung ulang jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati setempat.

“Jumlah TPS harus ditambah, karena saat ini kondisinya masih pandemi Covid-19. Jumlah maksimal pemilih dalam tiap TPS dikurangi. Karena itulah jumlah TPS menjadi bertambah,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, Rabu (10/6/2020).

Ia memaparkan, dalam pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, jumlah TPS di Sumenep sebanyak 2400. Jumlah tetsebut dengan perhitungan maksimal jumlah pemilih tiap TPS sebanyak 800 orang.

Sedangkan dalam pemilihan bupati/wakil bupati, maksimal jumlah pemilih di tiap TPS sebanyak 500 orang. Karena itu ada penambahan jumlah TPS menjadi 2450.

“Ternyata ada pandemi Covid-19, sehingga jumlah maksimal pemilih di tiap TPS harus dikurangi. Dengan begiti, jumlah TPS kembali bertambah menjadi 2500. Jumlah itu sudah final. Tinggal ditetapkan, menunggu turunnya PKPU,” ujarnya.

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil

Sesuai keputusan KPU RI, pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Kabupaten Sumenep menjadi satu-satunya kabupaten di Madura yang menggelar Pilkada di 2020. “Untuk tahapan Pilkada belum dimulai lagi. Kami di daerah masih menunggu turunnya PKPU RI untuk jadwal tahapan berikutnya,” pungkasnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar