Politik Pemerintahan

PAN Usung Fauzi-Eva Dalam Pilkada Sumenep Melalui Survei Popularitas dan Elektabilitas

Bakal Calon Wakil Bupati Sumenep, Hj Dewi Kholifah (Eva) dalam beberapa kegiatan

Sumenep (beritajatim.com) – Keputusan DPP PAN untuk mengusung pasangan Achmad Fauzi – Hj. Dewi Khalifah (Fauzi-Eva) dalam Pilkada Sumenep 2020 telah melalui proses internal dan survei.

“Kami tidak serta merta mengeluarkan SK untuk mengusung pasangan Fauzi-Eva. Ada proses internal dan survei popularitas serta elektabilitas atas pasangan Fauzi-Eva,” kata Koordinator Tim Pilkada Jawa dan NTB DPP PAN yang juga Bendum DPP PAN, Totok Daryanto, Minggu (07/06/2020).

Keputusan untuk mengusung Achmad Fauzi-Hj Dewi Khalifah sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep tertuang dalam SK DPP PAN: PAN/A/Kpts/KU-SJ/030/IV/2020.

DPP PAN pun telah memberitahukan sekaligus menyerahkan salinan SK tersebut kepada DPD PAN Sumenep beberapa waktu lalu untuk ditindaklanjuti secara organisatoris guna memenangkan pasangan Fauzi-Eva dalam pilkada.

“Kami sudah menerima laporan dari DPD PAN Sumenep yang intinya telah mengumumkan SK DPP PAN tentang putusan mengusung pasangan Fauzi-Eva. Itu putusan final dan mengikat bagi seluruh kader PAN di Sumenep. Artinya, tidak boleh ada lagi organ di PAN yang menyatakan dukungan kepada pasangan calon lain dalam Pilkada Sumenep,” tandas Totok.

Lebih lanjut ia memaparkan, PAN awalnya menginginkan kader sendiri yang akan diusung dalam Pilkada Sumenep 2020. Karena itulah, DPP PAN mengeluarkan surat tugas kepada salah seorang kader PAN guna mencari mitra koalisi partai politik sekaligus bakal calon wakil bupati. Itu karena jumlah kursi PAN di DPRD Sumenep belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon secara mandiri dalam pilkada.

“Tetapi dalam perjalanannya ternyata kader PAN itu tidak berhasil mencari/membawa dukungan kursi dari partai politik lainnya dan pasangan yang potensial untuk maju dan menang, maka DPP PAN akhirnya mencabut surat tugas itu dan memutuskan mengusung pasangan Fauzi-Eva,” ujarnya.

Ia menambahkan, keputusan untuk mengusung pasangan Fauzi-Eva tersebut sudah sesuai mekanisme, bersifat final, dan telah melalui proses panjang di internal PAN. “Kami menilai pasangan Fauzi-Eva adalah pasangan yang ideal dan representasi dari kalangan nasionalis dan religius. Karena itu, kami menganggap layak diusung PAN,” tandasnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar