Politik Pemerintahan

PAN dan Demokrat Buka Pendaftaran Bersama Cabup Jember

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional dan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuka pendaftaran bersama bagi calon bupati, 19-21 Februari 2020.

PAN dan Demokrat masing-masing sama-sama memiliki dua kursi di DPRD Jember. Mereka tergabung dalam satu fraksi yakni Pandekar. Mereka juga membentuk Kaukus Perubahan bersama PPP, PKS, Golkar, Perindo, dan Berkarya.

“Baju dua partai ini sama-sama berwarna biru. Harapan kami di daerah dan Dewan Pimpinan Pusat bisa solid dan kami tinggal menambah enam sampai tujuh kursi dari partai koalisi (untuk mengusung calon bupati),” kata Ketua DPD PAN Jember Lilik Niamah.

“Ini sebuah simbol keinginan kuat arus bawah untuk bersama mendapatkan restu dari pimpinan partai di level yang lebih tinggi,” kata Sekretaris DPD PAN Jember Edi Wicaksono, dalam jumpa pers bersama, Selasa (4/2/2020).

Menurut Edi, dua partai akan melakukan pembicaraan bersama. “Kalau di situ ada perbedaan-perbedaan, tapi karena kami membuka pendaftaran bersama, jadi satu fraksi bersama, tentu empat kursi ini akan solid hingga pilkada ke depan. Kalau kami harus bergandengan dengan yang lain, tentu itu keniscayaan yang harus kami bangun dan kami terus berkomunikasi dengan partai lain sehingga cukup syarat (untuk mengusung calon bupati),” katanya.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember Agusta Jaka Purwana mengatakan, koalisi dengan PAN bukan koalisi pragmatis. “Ini mulai dari awal pembentukan fraksi di DPRD Jember. Ini kami tindaklanjuti dengan proses di pilkada. Kami sama-sama punya chemistry. Ini sebenarnya juga dengan Golkar, tapi Golkar punya mekanisme (pemilihan calon bupati) sendiri,” katanya.

Agusta mengakui jika nama kandidat bupati yang akan dicalonkan PAN dan Demokrat tergantung pada DPP masing-masing. “Tapi bagaimana local wisdom ini bisa kami bawa hingga ke Jakarta. Jadi kebersamaan ini akan kami sounding ke Surabaya dan ke DPP. Kami harap nama yang kami bawa sama,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar