Politik Pemerintahan

Pakde Karwo Masuk Bursa Kabinet Presiden Jokowi

Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Pakde Karwo

Surabaya (beritajatim.com) – Nama mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo, masuk ke dalam bursa kabinet yang akan dibangun Presiden Jokowi di periode kedua nanti.

Informasi yang diterima beritajatim.com, nama pria yang dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur itu masuk bersama 3 tokoh Partai Demokrat lainnya. Ketiganya adalah pendiri Partai Demokrat HM Darmizal MS, Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo, dan Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Bahkan, dalam satu kesempatan, pengamat politik dan hukum Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam menyebut pengalaman Pakde Karwo selama menjabat di birokrasi bisa menjadi bahan pertimbangan¬†Jokowi¬† untuk menggaetnya menjadi ‘pembantu’.

“Selama menjabat dibirokrasi¬†track record Pakde Karwo gemilang dan nyaris tidak ada cacat di mata hukum,” ucapnya.

Menanggapi isu itu, pakar komunikasi politik asal Unair Suko Widodo menilai sosok Pakde Karwo sudah sangat layak untuk menjadi Menteri di Kabinet Presiden Jokowi. “Beliau sudah teruji rekam jejaknya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah konsep Jatimnomics,” ujarnya, Jumat (5/7/2019).

Pria yang akrab disapa SW itu lebih lanjut memberikan pendapatnya bahwa sosok Pakde Karwo dipandang layak untuk mengisi beberapa pos Menteri. “Menurut saya, layak jika jadi Menko Perekonomian. Selain itu jadi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan juga oke. Pun demikian untuk menjadi Mendagri. Sangat layak itu Pakde Karwo,” jelas Suko.

Baginya, Pakde Karwo telah memiliki modal kuat untuk bekerja maksimal sebagai seorang Menteri. “Mengelola Provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 40 juta jiwa itu tidak mudah. Pakde Karwo terbukti berhasil melakukannya dengan gemilang. Itu sudah jadi modal kuat utama,” pungkas Doktor lulusan Unair ini. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar