Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pakar Ungkap Efek Negatif Penyebaran Tabloid Anies Baswedan di Masjid

Tabloid berisi Anies Baswedan.

Malang (beritajatim.com) – Pakar Gerakan Sosial dan Sosiologi Politik Universitas Muhammadiyah Malang, Wahyudi Winarjo menuturkan, penyebar tabloid Anies Baswedan di Masjid berdampak negatif bagi popularitas Gubernur DKI Jakarta itu. Karena dikhawatirkan, penyebaran tabloid di masjid justru menebalkan Anies sebagai calon presiden yang condong paham kanan.

“Anies itu dekat dengan kelompok islam kanan atau kelompok 212. Padahal sebetulnya siapa saja calon presiden yang diusung atau didukung kelompok 212 malah akan memiliki nilai negatif. Karena masyarakat Indonesia trauma ekstrem kanan dan ekstrem kiri,” ujar Wahyudi, Rabu. (21/9/2022).

Dianggap sebagai efek negatif karena masyarakat Indonesia dalam menentukan calon presiden cenderung pada sosok yang nasionalis. Menurutnya, strategi simpatisan Anies yang menjadikan masjid sebagai tempat penyebaran tabloid dikhawatirkan menghambat laju popularitas Anies.


“Masyarakat Indonesia lebih nyaman pada ideologi politik tengah, yakni nasionalis atau orang yang bisa merangkul kanan dan kiri. Maka kalau betul itu dilakukan mereka (simpatisan), maka sama saja dengan mengurangi laju popularitas dan akseptabilitas di mata publik. Karena mereka itu pemilih pemilih yang baik,” papar Wahyudi.

Wakil Direktur II Pascasarjana UMM itu mengungkapkan, para relawan atau simpatisan ingin menonjolkan sosok Anies sebagai tokoh islam modern sekaligus antitesa dari profil presiden sebelumnya atau Presiden RI Joko Widodo yang lebih nasionalis.

“Dalam teori komunikasi politik masyarakat semakin lama akan mempercayai informasi yang frekuensinya banyak mengenai sosok Anies. Jadi lama lama orang bisa percaya Anies itu orang fundamentalis atau ekstrem kanan. Efek buruknya, dia tetap akan dapat pemilih tapi dari kelompok kanan. Sedangkan, orang Indonesia lebih asik bila presidennya bisa merangkul kanan dan kiri,” tandasnya. (luc/kun)

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev