Politik Pemerintahan

Pakar Komunikasi Unair: Pers Sejatinya Kebutuhan Pokok Manusia

Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga, Dr Suko Widodo

Surabaya (beritajatim.com) – Selasa (9/2/2021) menjadi puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Dirayakan di tengah pandemi, gelaran kali ini dilakukan melalui daring dan dipusatkan di Jakarta.

Pakar komunikasi publik asal UNAIR Suko Widodo menilai jika saat ini insan pers perlu segera mereposisi tugas jurnalistik yang biasa mereka lakukan. “Pers yang adaptif bakal tetap eksis. Karena pers sejatinya adalah kebutuhan pokok manusia berkehidupan,” katanya.

“Lembaga pers perlu melakukan renovasi dalam pengelolaan produk informasinya. Disrupsi digital berdampak besar dalam industri media. Jika ingin tetap eksis maka memang institusi media massa harus merenovasi diri dan sekaligus mereposisi konsep berita yang diproduksinya,” tambah Suko.

Bagaimana caranya? Doktor lulusan UNAIR berpendapat jika salah satunya melalui sisi manajemen. “Manajemen harus dibangun dalam hubungan kemitraan atau kolaborasi kerja antara penilik modal dan pekerja media,” paparnya.

“Di masa kini, modal utama pers bukanlah uang, tetapi ide dan SDM berkualitas serta memanfaatkan riset audience. Pers jangan jadi antek kekuasaan atau kapital,” pungkas Suko. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar