Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pakai Sarung, Bupati Gresik Pimpin Upacara Hari Santri

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) memimpin upacara Hari Santri 2021 dengan mengenakan sarung di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Jum'at (22/10/2021).

Gresik (beritajatim.com) – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) memimpin upacara Hari Santri 2021 dengan mengenakan sarung di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Jum’at (22/10/2021).

Peringatan Hari Santri merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Hal ini merujuk pada tercetusnya resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi kemerdekaan Indonesia yang dalam perkembangannya menjadi awal terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945.

Dengan mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ bupati yang akrab dipanggil Gus Yani itu menuturkan, agar para santri selalu siap siaga menyerahkan jiwa, dan raganya untuk membela tanah air serta mempertahankan persatuan Indonesia.

“Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa jiwa santri hari memiliki peran untuk tidak akan memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang akan mengancam persatuan, dan kesatuan negara Indonesia.

“Siaga raga berarti badan tubuh dan tenaga buah karya santri di dedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu santri tidak pernah lelah dan terus berkarya untuk Indonesia,” katanya.

Peringatan Hari Santri Nasional juga dihadiri Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) serta Forkopimda Kabupaten Gresik, dan ormas keagamaan. (dny/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar