Politik Pemerintahan

Paham Manajemen, Bupati Tunjuk Sekda Jadi Plt Kadinkes Ponorogo

Sekda Ponorogo Agus Pramono. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Entah 3 nama yang disodorkan kepada Bupati Sugiri Sancoko untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo oleh Sekda Agus Pramono, salah satunya ada namannya atau tidak.

Yang jelas, Bupati Sugiri Sancoko sudah memutuskan siapa yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Ponorogo pasca pensiunnya drg Rahayu Kusdarini per tanggal 1 Juni lalu.

Kepada awak media, orang nomor satu di bumi reyog itu, menunjuk Agus Pramono, Sekda Ponorogo untuk sementara menjadi Plt Dinkes. Dia menjelaskan, alasan memilih Agus Pram karena telah 9 tahun menjabat Sekda di Ponorogo. Alhasil, Giri yakin yang bersangkutan sudah paham manajemen kesehatan dan memahami Ponorogo. Selain itu juga dapat menyelesaikan problematika yang ada di kota reyog di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai.

“Saya belum banyak kenal orang Ponorogo, makanya yang lebih kenal Pak Sekda dan beliaunya sudah mengetahui manajemen kesehatan,” katanya, Kamis (3/6/2021).

Penunjukan Sekda sebagai Plt Dinkes, menurut Giri tidak melanggar peraturan. Aturannya, pengisian kursi Plt Dinkes harus setara eselon dengan sebelumnya atau diatasnya. Maka pejabat diatasnya, yang sudah memahami manajemen ya Pak Sekda itu sendiri.

“Saya pilih Pak Seda, untuk bisa menyelesaiakan problematika yang ada,” kata Sugiri Sancoko, Kamis (2/5/2021).

Ke depan untuk mengisi definitif Kadinkes, munurut giri akan dilakukan assesment atau lelang. Sehingga Kadinkes yang akan dipilih nantinya sesuai disiplin ilmu dan  tidak menabrak peraturan yang ada. Selain itu, juga mempunyai etos kerja yang luar biasa dan berintegritas.

“Nanti ada assesment atau lelang dan semuanya akan terbuka,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pasca purna tugasnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, drg. Rahayu Kusdarini pada tanggal 31 Mei lalu, hingga kini Pemkab Ponorogo belum juga mengisi posisi jabatan tersebut. Setidaknya untuk hari Rabu (2/6) ini, siapa yang menjadi Plt Kadinkes Ponorogo masih menjadi teka-teki.

“Masih kami sondingkan ke Bapak Bupati, Insyallah dalam waktu dekat sudah keluar,” kata Sekda Agus Pramono, Rabu (2/6/2021) kemarin.

Agus mengatakan sudah ada 3 nama dari pejabat eselon 2 yang diajukan ke Bupati Sugiri Sancoko, untuk diangkat menjadi Plt. Kadinkes Ponorogo untuk meneruskan tongkat estafet dari drg. Rahayu Kusdarini yang sudah purna tugas.

“Tidak perlu saya sebutkan namanya, maksimal ya 3 nama yang kami usulkan ke Bapak Bupati. Insyaallah besok clear,” katanya.

Dia menambahkan kriteria untuk menjadi Plt atau Kadinkes adalah mampu menggerakkan jajaran di Dinkes itu sendiri. Sebab, saat ini Pemkab Ponorogo lagi fokus dalam penanganan pandemi Covid-19. Selain itu yang juga tidak kalah pentingnya, pelaksanaan vaksinasi di bumi reyog. Dimana 2 prioritas itu leading sektornya di Dinkes.

“Kita fokus pada penanganan pandemi dan vaksinasi Covid-19. Dibutuhkan Plt. Kadinkes yang bisa mensukseskan penanganan Covid-19 dan vaksinasi untuk wilayah Ponorogo,” katanya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar