Politik Pemerintahan

Ormas Madura Urban: Saatnya Surabaya Dipimpin Keturunan Madura

Surabaya (beritajatim.com) – Pendiri dan Ketua Ormas Madura Urban (MU), Abuya Al-Arif Billah KHR Zainuddin Husni yang juga Wakil Rois Syuriah PCNU Kota Surabaya berharap ada salah satu warga Madura yang menetap di Surabaya memimpin Kota Pahlawan ini ke depan.

Pengasuh Ponpes Tarbiyatul Qulub Asemrowo Kota Surabaya ini beralasan jumlah warga Surabaya keturunan Madura diperkirakan hampir 45 persen dari total 3,7 juta penduduk Surabaya.

“Warga Madura Urban di Surabaya selama ini hanya menjadi penonton dan obyek, sehingga mereka mudah mengkritik jika kebijakan Pemerintah Kota tidak sesuai dengan keinginannya. Sudah saatnya warga keturunan Madura jadi pemimpin di Surabaya, biar tahu dan merasakan sendiri bagaimana menjadi pemimpin. Jangan hanya jadi penonton, tapi harus jadi pelaku,” kata Abuya Zainuddin sapaan akrabnya di Makam Sunan Bungkul Surabaya, Selasa (14/1/2020) malam.

Disinggung soal sosok yang layak maju dalam Pilwali Surabaya 2020 dan merepresentasikan warga Madura Urban di Surabaya, dengan tegas KHR Zainuddin Husni menyebut Firman Syah Ali (Cak Firman) yang paling layak maju baik sebagai Calon Walikota maupun Calon Wakil Walikota Surabaya.

“Memang banyak warga keturunan Madura di Surabaya yang berniat maju di Pilkada Surabaya. Tapi yang paling Madura baik secara nasab maupun kualitas adalah Firman Syah Ali. Firman Syah Ali ini tumbuh dan besar di Madura, orang tuanya asli Madura, paman Cak Firman ini adalah Menkopolhukam RI Mahfud MD yang Maduranya sangat asli,” ungkap penasehat IKAMA ini.

Ia optimistis siapapun calon Walikota Surabaya yang menggandeng Firman Syah Ali bakal memenangkan kontestasi Pilkada Surabaya mendatang. “Kalau Cak Firman dapat kendaraan maju di Pilkada Surabaya, saya akan turun langsung memobilisasi dukungan warga keturunan Madura di Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, Firman Syah Ali yang juga turut menghadiri zikir, tahlilan dan istighosah rutin Selasa Malam di Makam Sunan Bungkul Surabaya yang diasuh Abuya Zainuddin mengatakan bahwa apa yang dilakukan ini bagian dari ikhtiar bersama tim langit.

“Tim sukses saya itu ada dua yakni tim bumi dan tim langit. Ini bagian dari ikhtiar teman-teman tim langit yang diasuh langsung Abuya Zainuddin Husni,” ujar Cak Firman.

Ia bersyukur upaya ikut mencalonkan diri dalam kontestasi Pilkada Surabaya banyak mendapat dukungan dari tokoh dan ulama Madura. Walaupun tentu saja bukan hanya orang Madura yang fanatik mendukung Firman Syah Ali. “Saya sudah ikhtiar ikut mendaftar sebagai calon Walikota Surabaya di berbagai partai. Mudah-mudahan berhasil, mohon doa dan dukungannya,” pungkas pengurus harian PW LP Ma’arif Jatim ini. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar