Politik Pemerintahan

Orasi Basarah Getarkan HUT ke-41 FKPPI di Istana Gebang Bung Karno

Surabaya (beritajatim.com) – Istana Gebang Bung Karno menjadi tempat puncak Peringatan 41 Tahun FKPPI. “Kami pilih Blitar sebagai tempat perayaan HUT kami, karena kami ingin kembali meneguhkan ingatan tentang kenapa dan bagaimana Republik ini didirikan,” tegas Ketua GM FKPPI Jatim, Agoes Soerjanto di samping panggung utama perayaan di Istana Gebang.

Menurut dia, tantangan berbangsa dan bernegara ini semakin kompleks. Untuk itu, diperlukan keseriusan semua pihak untuk terus menjaga kemurnian cita-cita para pendiri bangsa. “Dan, mengingat bagaimana fondasi falsafah negara ini diletakkan, agar tidak kemudian mudah diombang-ambingkan, kita harus teguh seperti batu karang,” tukas Agoes yang juga CEO Klub Sepakbola Arema ini.

Tampak hadir juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah yang juga Anggota Dewan Penasihat GM FKPPI Jatim. Putra purnawirawan Polri ini tampak memakai jaket loreng hitam GM FKPPI.

Hadir juga Ketua Umum GM FKPPI Hans Havlino Silalahi bersama Pejabat TNI/Polri, OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) seperti Ansor dan Pemuda Pancasila. Acara ini dihadiri Kader GM FKPPI dari seluruh Jawa Timur.

Ahmad Basarah menekankan tentang perlunya kewaspadaan bangsa atas dua hal, pertama fenomena munculnya ekstrimisme dan radikalisme yang menyulut ketenangan dan keberagaman yang menjadi identitas bangsa selama ini.

Kedua, paham individualisme dan liberalisme dengan menawarkan kehidupan dunia dengan segala kebebasan tak terbatas. Ahmad Basarah melihat peran penting Presiden Jokowi dalam hal ini salah satunya dengan mendirikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Orasi Pak Basarah ini luar biasa memukau kita, tidak terasa lebih satu jam beliau menjelaskan dengan baik tentang bagaimana kita meneruskan cita-cita pendiri bangsa khususnya cita-cita Bung Karno, Bung Hatta, Jenderal Soedirman yang kadang mulai luntur di generasi sekarang,” pungkas Ketua GM FKPPI Blitar, Bayu Setyo Kuncoro. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar