Politik Pemerintahan

Orang Sidoarjo Pertama yang Bakal Disuntik Vaksin Covid-19 adalah Cak Hud

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono siap menjadi orang pertama di Sidoarjo yang disuntik vaksin Covid-19. Vaksin dengan merk Sinovac hari ini, Senin (4/1/2021), sudah tiba di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur.

Rencananya dalam waktu dekat akan di distribusikan ke kab/kota di Jawa Timur. Kabupaten Sidoarjo ditahap pertama akan menerima 9.300 vaksin yang akan diperuntukkan untuk ribuan tenaga medis se-kabupaten Sidoarjo.

Kesiapan Cak Hud untuk disuntik vaksin pertama kali disampaikan saat dirinya mengecek kesiapan tempat penyimpanan vaksin merk Sinovac tersebut di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo.

“Saya nanti yang akan disuntik vaksin lebih dulu. Jika Presiden Joko Widodo saja berani termasuk Bu Gubernur Khofifah, maka saya sebagai pimpinan daerah harus berani memberi contoh untuk masyarakat Sidoarjo,” katanya.

Cak Hud sapaan akrap Hudiyono menyampaikan, nantinya seluruh tenaga medis di Sidoarjo mulai dari tenaga medis pemerintah hingga swasta semuanya akan menerima vaksin.

Khusus untuk tenaga medis yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbit ditunda sampai menunggu sembuh baru kemudian di vaksin.

Vaksin tahap pertama akan diberikan kepada seluruh tenaga medis dengan syarat sudah terdaftar di Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Sedangkan untuk tahap kedua nanti akan diberikan kepada TNI-Polri dan ASN karena dinilai rentan dengan resiko.

Untuk masyarakat umum pemberian vaksin akan dilakukan pada tahap ketiga. Batasan usia penerima vaksin minimal umur 18 tahun dan maksimal 59 tahun. Syarat sama tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbit.

Cak Hud berpesan untuk warga Sidoarjo agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab vaksin saat ini hanya dengan menjalan prokes dengan ketat dan menjaga imun ditambah berdo’a.

“Usaha kita sekarang yaitu menjalankan prokes dengan ketat, menjaga imun dan tak lupa berdo’a, semoga warga Sidoarjo sehat semua,” tuturnya dengan mengamini. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar