Politik Pemerintahan

Ombudsman: Pelayanan Publik Pemkab Jember Tak Memuaskan

Jember (beritajatim.com) – Pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, sepanjang 2018 tidak memuaskan. Dengan skala penilaian 0-100, Jember hanya memperoleh 57,42.

Rendahnya nilai ini diungkapkan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur Agus Widiarta, saat berkunjung ke Jember, Senin (25/2/2019). “Jember masuk dalam kategori kepatuhan sedang atau label kuning. Namun sebetulnya nilai 57 ini mendekati label merah,” katanya.

Nilai 0-50 masuk dalam kategori kepatuhan rendah atau label merah. Nilai 51-80 masuk dalam kategori kepatuhan sedang atau label kuning. Sementara nilai 81-100.masuk dalam kategori kepatuhan tinggi atau label hijau.

Jember tak sendiri. Dari 16 kabupaten dan kota yang dinilai Ombudsman untuk pelayanan 2018, ada sembilan daerah yang terlabel kuning, dua daerah merah, dan lima hijau. “Yang hijau adalah Kota Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Tulungagung,” kata Agus.

Ada 52 produk pelayanan publik dari tujuh dinas yang dinilai Ombudsman, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Dinas Sosial.

“Kami sampaikan ke Pak Sekda (Sekretaris Daerah Jember Mirfano). Di situ Pak Sekda berkomitmen untuk 2019 akan memperbaiki indikator yang ada. Dia berharap pada 2019 penilaian mencapai di atas 81 atau hijau,” kata Agus. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar