Politik Pemerintahan

Oktober 2019 Rusunawa ASN di Kepanjen Bakal Diresmikan

Pembangunan Rusunawa ASN di Block Office Kota Kepanjen.

Malang (beritajatim.com) – Pembangunan Rusunawa ASN di Block Office Kota Kepanjen, Kabupaten Malang nampaknya sudah rampung, Jumat (22/8/2019). Meski begitu, peresmian Rusunawa bagi Abdi Negara di tempat ini, masih menunggu waktu yang tepat.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menerangkan, rusunawa 4 lantai itu diperkirakan akan diresmikan bulan Oktober 2019.

“Kami sudah menyerahkan surat kepada Menteri PUPR agar segera diresmikan. Hanya menunggu waktu saja. Beliau lagi naik haji. Perkiraan Oktober diresmikan,” ungkap Wahyu, Jumat (23/8/2019).

Sementara soal tarif yang akan diberlakukan, Wahyu mengaku belum bisa menentukan besaran tarifnya.

Merujuk pada studi replikasi di Makassar beberapa waktu lalu, salah satu hal yang dipelajari adalah mengenai besaran tarif. Dari hasil kunjungan tersebut diperoleh harga sewa yakni Rp 250 ribu rupiah untuk lantai 1, Rp 225 ribu untuk lantai 2 dan Rp 200 ribu untuk lantai 3. Namun, ketika ditanya di Rusunawa ASN Kepanjen bisa lebih murah, Wahyu membenarkan.

“Kalau di Makassar wilayahnya perkotaan maka yang di Kepanjen bisa jadi lebih murah. Nanti akan ditetapkan dengan Perbup, sebesar apapun boleh asalkan sesuai dengan kebijakan,” tegas Wahyu.

Ia menerangkan, soal penghuni rusunawa nantinya, tempat tinggal tersebut diperuntukkan bagi ASN yang belum menikah. Namun hal tersebut masih wacana dan belum pasti kepastiannya. Masih akan dibahas lebih lanjut tergantung kebijakan daerah.

“Soalnya kalau sudah menikah tidak akan keluar-keluar dari situ (rusunawa), karena ada kecenderungan bagi yang sudah berumah tangga akan lebih sulit bagi mereka keluar dari rusunawa,” Wahyu mengakhiri. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar