Politik Pemerintahan

NU Kencong Ingin Kontrak Jam’iyyah dengan Cabup-Cawabup Jember

Ketua PCNU Kencong Zainil Ghulam

Jember (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kencong menginginkan adanya ‘kontrak jam’iyyah’ dengan calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan kepala daerah, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini.

“NU ini organisasi sosial kemasyarakatan. NU tidak hanya membahas politik saja. Tapi politik adalah bagian dari bahasan dalam NU. Karena NU tidak bisa mengusung calon bupati, maka ijtihad NU nanti adalah mencari calon yang sekiranya bermanfaat untuk Nahdlatul Ulama dan siap mengembangkan ajaran ahlussunnah wal jamaah di Jember, dan membentengi dari paham-paham lain,” kata Ketua PCNU Kencong Zainil Ghulam, Senin (31/8/2020).

“Kami harap nanti ada visi-misi calon dipresentasikan, dan setelah ada penetapan KPU nanti akan dibicarakan di forum pengurus harian. Yang jelas NU tidak akan langsung menentukan Si A dan Si B, tapi memang warga NU harus memilih sesuai arahan yang ditentukan PCNU,” katanya.

Apa saja isi kontrak jam’iyyah tersebut? “Satu, misalkan, calon bupati dan wakil bupati berkomitmen untuk menjaga ahlussunnah wal jamaah annahdliyyah. Kita tahu sendiri di Jember ada paham-paham lain yang bisa menimbulkan gesekan di bawah,” kata Ghulam. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar