Politik Pemerintahan

NU Banyuwangi Turun Jalan Bagi Masker, Semprot Masjid dan Sembako

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi turun aksi di tengah pandemi virus corona covid 19. Aksi itu ditunjukkan dengan melakukan bantuan sosial bagi warga di Bumi Blambangan.

Dalam aksi serempak bersama Satuan Gugus Tugas Khusus Penanganan Covid 19 itu, mereka membagikan seribu masker gratis ke masyarakat dan guru Ma’arif, penyemprotan disinfektan ke beberapa tempat publik serta penyerahan bantuan sembako bagi kaum dhuafa. Hal ini semata bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dan juga mengurangi dampak ekonomi dan sosial di masyarakat.

“Ikhtiyar ini adalah bagian dari tanggung jawab PCNU Banyuwangi untuk ikut memerangi penyebaran Covid 19 dan meminimalisir dampak ekonomi masyarakat terdampak di wilayah Kabupaten Banyuwangi,” Jelas Ketua PCNU Banyuwangi, H. Mohamamad Ali Makki Zaini saat aksi peduli di Kecamatan Genteng, Selasa (7/4/2020).

Selain itu, tim Gugus Tugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait protokol pencegahan penyebaran covid 19. Memberikan pemahaman baik dilakukan di area umum, masjid, dan madrasah. Hal ini bertujuan masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan dan mengurangi kegiatan di luar.

“Jangan lupa untuk hidup sehat, kurangi kegiatan di luar rumah, serta turut melaksanakan instruksi dari pemerintah pusat agar wabah ini secepatnya berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Banyuwangi, Untung Hermawan menyebut, ini sebuah aksi nyata dari NU untuk masyarakat. Gerakan dan langkah yang diambil semata untuk keselamatan dan keamanan demi terciptanya Banyuwangi yang sehat jauh dari virus corona.

“Kita sudah bergerak melalui aksi peduli ini, harapannya ini akan menjadi bagian yang terus akan kita lakukan guna menjaga lingkungan jauh dari virus corona covid 19,” terangnya.

Dalam aksi peduli itu, PCNU Banyuwangi turun dengan Satuan Gugus Tugas Khusus Penanganan Covid 19. Anggotanya antara lain, Pengurus Harian Cabang Nahdlatul Ulama’, PC Lazisnu, LP Ma’arif, LPBINU, LKNU, LKKNU, Rumah Sakit Nahdlatul Ulama’ (RSNU), Badan Otonom IPNU, IPPNU, dan Tenaga Pengaman dari Banser Ansor. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar