Politik Pemerintahan

Nominal 2 Kategori Penerima Bansos PKH Naik

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua dari sembilan katagori penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) mendapat kenaikan nominal bantuan pada 2020, yakni pada katagori anak usia dini dan katagori ibu hamil.

Kedua katagori tersebut mendapat kenaikan bantuan sebesar Rp 600 ribu, awalnya dua katagori tersebut mendapatkan sebesar Rp 2,4 juta, saat ini mereka mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta. Hal tersebut sesuai dengan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 02/3/BS.02.01/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bansos PKH 2020.

“Untuk tahun (2020) ini, dua katagori berbeda mendapat kenaikan nominal bantuan, yakni untuk katagori anak usia dini alias 0 hingga 6 tahun dan katagori ibu hamil. Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 3 juta, pada 2019 tercatat sebesar Rp 2,4 juta,” kata Koordinator Kabupaten PKH Pamekasan, Hanafi, Kamis (30/1/2020).

Sementara untuk katagori lainnya tetap mendapat bantuan seperti sebelumnya, alias tidak ada perubahan dari nominal pada 2019 lalu. “Untuk bantuan tetap PKH reguler sebesar Rp 550 ribu, bantuan tetap PKH akses sebesar Rp 1 juta, pendidikan anak SD/sederajat sebesar Rp 900 ribu,” ungkapnya.

“Termasuk juga untuk untuk katagori pendidikan anak SMP/sederajat sebesar Rp 1,5 juta, katagori pendidikan anak SMA/sederajat sebesar Rp 2 juta, katagori Penyandang Disabilutas Berat (PDB) dan lanjut usia alias 70 tahun ke atas masing-masing mendapatkan sebesar Rp 2,4 juta,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan jika bantuan tersebut, khususnya untuk tahun 2020 dipastikan sudah diterima oleh penerima manfaat, termasuk dua katagori berbeda yang mendapatkan kenaikan nominal. “Jadi untuk tahap pertama 2020 sudah direalisasikan,” tegasnya.

Pihaknya berharap bantuan tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh penerima manfaat, sehingga dapat meringankan beban penerima manfaat. “Harapan pastinya semoga dapat meringankan beban penerima PKH dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, sekaligus kita harapkan bisa Menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar