Politik Pemerintahan

Nilai Dishub Jember di Mata Ombudsman Hanya 16,50

Bandara Notohadinegoro

Jember (beritajatim.com) – Ada tujuh organisasi perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Jember yang dinilai Ombudsman Perwakilan Jawa Timur dalam aspek pelayanan publik.

Total nilai yang diperoleh Pemkab Jember hanya 57,42 dari skala penilaian 0-100. Tujuh dinas yang dinilai adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Dinas Sosial.

“Ada beberapa dinas yang mendapat nilai kecil sekali, seperti Dinas Perhubungan. Nilainya 16,50. Ini kecil sekali,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur Agus Widiarta, Senin (25/2/2019).

Nilai yang kecil dikarenakan beberapa hal seperti tidak adanya standar pelayanan seperti persyaratan, prosedur, mekanisme, jangka waktu, dan biaya. “Penilaiannya gampang: ada atau tidak standar itu,” kata Agus.

Ombudsman menilai sembilan variabel terhadap 52 produk pelayanan tujuh dinas di Jember. “Dari sembilan variabel, rata-rata terendah adalah dalam hal pelayanan khusus, seperti ketersediaan sarana bagi penyandang disabilitas seperti tidak memiliki kursi roda, tidak ada jalur pemandu, tidak ada rambatan,” kata Agus.

Nilai rata-rata tujuh dinas itu juga rendah dalam aspek pengelolaan pengaduan. “Tidak ada pengelolaan pengaduan, baik menyangkut prosedur, pejabat yang mengelola pengaduan, termasuk aktivitas pengaduan,” kata Agus. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar