Politik Pemerintahan

Pilbup Gresik

NIAT Daftar ke KPU Hari Jumat, QA Sabtu

Gresik (beritajatim.com) – Tiga hari menjelang pendaftaran calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Gresik ke KPU, masing-masing pasangan sudah mempersiapkan berkas pendaftaran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pasangan H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)-Hj.Aminatun Habibah (Bu Min) dengan tagline ‘NIAT’ mendaftar ke KPU pada Jumat (4/9/2020). Sedangkan pasangan M.Qosim-dr Asluchul Alief dengan tagline ‘QA’ mendaftar pada Sabtu (5/9/2020).

Pendaftaran tersebut sesuai dengan Keputusan KPU nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020. Dalam aturan tersebut dijelaskan tentang pedoman teknis pendaftaran, penelitian, dan perbaikan dokumen. Termasuk diantaranya, persyaratan, penetapan, serta pengundian nomor urut pasangan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk 9 Desember 2029.

Pasangan NIAT

Salah satu syarat yang belum selesai disiapkan para kandidat yakni surat pengunduran diri dari masing-masing lembaga. Pasalnya, dua orang bakal calon masih berstatus sebagai anggota dewan. Yaitu Fandi Akhmad Yani yang berstatus sebagai anggota DPRD Gresik dan Asluchul Alif yang masih tercatat sebagai Wakil Ketua DPRD Gresik.

“Sudah kami persiapkan, dan besok akan difinalisasi berikut persyaratan lainnya,” ungkap Khoirul Huda, Ketua Tim Pemenangan Gus Yani-Ning Min (Niat), Selasa (1/9/2020).

Rencananya, sebelum mendaftarkan diri ke KPU, tim dari NIAT akan menggelar deklarasi akbar di posko pemenangan yang berada di Srembi, Kebomas, Gresik. “Deklarasi itu sekaligus pengumpulan form B1-KWK dari seluruh parpol pendukung,” ungkap Huda.

Pasangan QA

Menurut Huda, jika tidak ada kendala, pihaknya akan mendaftarkan diri pada Jumat (4/9/2020). “Sesuai protokol kesehatan, tentu hanya pihak tertentu saja yang hadir. Kami harap para pendukung juga memahami hal tersebut,” katanya.

Secara terpisah, Asluchul Alif Ketua DPC Gerindra Gresik yang juga Cawabup dari pasangan QA menjelaskan masih mengurus berbagai prosedur pendaftaran nanti. “Untuk pasangan QA (Qosim-Alif) akan mendaftar pada Sabtu mendatang,” paparnya.

Alief menambahkan, dalam waktu dekat dirinya akan melepas kursi jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Gresik. “Masih belum diputuskan di internal Gerindra, nanti segera kami umumkan setelah mendaftar ke KPU,” imbuhnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar