Politik Pemerintahan

Nderek Dawuh Kiai, 527 Majelis Taklim Dukung Eri Cahyadi Lanjutkan Risma

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan anggota majelis taklim se-Surabaya memadati Jalan Raya Tambak Wedi Barat, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Selasa (25/8/2020) malam. Mereka bersama-sama larut dalam doa meminta agar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi diberi kelancaran mengemban amanah meneruskan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Bu Nyai Hj Khomsatun Hidayat sebagai koordinator acara menyatakan, Eri sudah mendapat tempat di hati para Bu Nyai. “Beliau (Eri Cahyadi) adalah seorang santri, keluarganya (juga) kiai. Insya Allah, agama dan keimanannya kuat. Itu adalah modal utama,” ujarnya.

Selain itu, menurut Nyai Hj Khomsatun, Eri punya gaya kepemimpinan yang sama dengan Risma. Komitmennya terhadap Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Pahlawan tak diragukan lagi. Dalam setiap pertemuan dengan para kiai dan bu nyai, Eri selalu membawa pesan Risma untuk membesarkan NU di Kota Surabaya.

“Mas Eri sudah lama jadi orang birokrasi, yang sangat paham tata kelola Surabaya. Mengawal perjuangan Bu Risma bertahun-tahun. Kami juga mendukungnya biar APBD yang ada di Surabaya terjaga dengan baik untuk kesejahteraan umat,” tambahnya.

Nyai Hj Nuril Jannah, salah seorang Bu Nyai yang juga hadir, setuju dengan Nyai Hj Khomsatun. Menurutnya, tak ada yang lebih pantas meneruskan Risma selain Eri. “Kami adalah santri, dan para guru-guru kami, nyai-nyai kami, memberi dukungan pada Mas Eri Cahyadi. Kita pasti nderek dawuhnya guru-guru kami. Selain itu, kebaikan Bu Risma wajib kita jaga. Dan, hanya Pak Eri yang bisa dan dipercaya meneruskannya,” imbuhnya.

Deklarasi tersebut adalah bentuk dukungan dari perwakilan seluruh majelis taklim di Surabaya. Total ada 527 majelis taklim dengan keseluruhan anggota sebanyak 47.419 orang dari 16 kecamatan, 60 kelurahan dan 149 RW. Majelis taklim tersebut memang salah satu majelis ibu-ibu paling solid se-Surabaya. Tak hanya solid dalam melakukan pengajian, tapi juga organisasi para anggota. Semua anggota tercatat.

Majelis taklim tersebut bisa begitu besar karena merupakan binaan dari tiga bu nyai terkemuka Surabaya. Yakni, Bu Nyai Elok Zulaikho, Bu Nyai Khomsatun dan Bu Nyai Nuril Jannah. Sedangkan tiga bu nyai tersebut adalah santriwati Bu Nyai Sepuh, Ainur Rokhmah yang merupakan sesepuh Muslimat NU. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar