Politik Pemerintahan

Nasib Pembahasan KUA-PPAS Jember 2020 Belum Jelas

Jember (beritajatim.com) – Informasi masih dievaluasinya 30 peraturan bupati mengenai struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) organisasi pemerintahan daerah (OPD) di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Perubahan Anggaran Senmentara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2020 pun belum jelas.

Jika mengacu pada jadwal awal, hari ini Jumat (22/11/2019) adalah penandatanganan nota kesepakatan bersama dokumen KUA-PPAS antara pimpinan DPRD Jember dan bupati. KUA-PPAS adalah dasar bagi pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Jember 2020. Tanpa ada kesepakatan KUA-PPAS, RAPBD belum bisa dibahas. Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi mengatakan, kesepakatan penandatanganan bersama KUA-PPAS diundur. “Paling cepat Jumat depan,” katanya.

Pimpinan DPRD Jember menyosialisasikan lebih dulu hasil konsultasi terkait evaluasi gubernur terhadap 30 perbup SOTK kepada fraksi-fraksi. Ini dikarenakan pembahasan KUA-PPAS terhenti, karena legislator tak mau mengambil risiko pelanggaran hukum jika tetap membahas sementara regulasi soal OPD yang bakal melaksanakan APBD belum terang.

Itqon mengatakan, KUA-PPAS dibahas menunggu kepastian evaluasi SOTK dari gubernur final. “Biro Organisasi Setda Pemprov Jatim kemarin menyatakan bahwa hasil evaluasi Gubernur atas SOTK Jember itu harus diundangkan dalam bentuk perbup paling lama tiga hari terhitung sejak diterimanya hasil hasil evaluasi tersebut; di mana inilah yang kemudian akan menjadi landasan penyusunan KUA-PPAS,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, ada saran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar DPRD dan Pemkab Jember berkomunikasi soal pembahasan KUA-PPAS ini. Persetujuan bersama terhadap APBD Jember 2020 sendiri harus sudah ditandatangani paling lambat 30 November 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Mirfano sendiri pernah mengatakan, perbup SOTK dan KUA-PPAS tidak terkait. Ini dikarenakan dalam KUA-PPAS anggaran yang dibahas terkait program kerja. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar