Politik Pemerintahan

NasDem Usung Anies, Sekjen PKS: Kami Tidak Latah Ikuti Partai Lain

Surabaya (beritajatim.com) – Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi menegaskan bahwa untuk saat ini, PKS belum ada rencana untuk mendeklarasikan salah satu tokoh sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilu 2024.

Kendati demikian, menurut dia, PKS terus mencermati perkembangan politik nasional, termasuk seluruh langkah politik yang diambil partai lain dalam pencapresan.

“Kami tentunya sangat atensi dan menghormati yang telah dilakukan partai lain, termasuk yang telah mendeklaraskan capresnya,” kata Habib Aboe Bakar Alhabsyi melalui keterangan tertulisnya kepada media, Senin (10/10/2022).

Menurut Habib Aboe sapaan anggota Komisi III DPR RI itu, kewenangan pencapresan di PKS sesuai ketentuan pasal 18 ayat 2 huruf a merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP). Sedangkan, hasil sidang DPTP memutuskan pencapresan akan disampaikan berdasarkan hasil musyawarah Majelis Syuro.

“Oleh karenanya, kami akan menunggu dan mengikuti proses tersebut. Jadi, kami tidak latah mengikuti apa yang telah dilakukan partai lain,” tegasnya.

Kendati begitu, Habib Aboe mengakui kalau PKS memiliki konsen yang tinggi dalam menyiapkan diri untuk menghadapi Pilpres 2024. Namun, saat ini PKS lebih memilih langkah untuk tidak terlalu terburu-buru mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung.

“Konsolidasi struktural terus kami lakukan secara berkala untuk menyerap aspirasi internal, maupun menyiapkan mesin politik PKS dalam menyongsong pilpres mendatang,” tukasnya.

Salah satu kegiatan konsolidasi tersebut, adalah political update yang sudah dua kali digelar. Ini adalah forum selevel rapat pimpinan nasional atau Rapimnas untuk mendiskusikan situasi perkembangan politik nasional, termasuk soal pencapresan.

Seperti diketahui, sejumlah partai politik saat ini, sudah mendeklarasikan Capres 2024. Terbaru adalah deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal capres oleh Partai NasDem, disusul Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang akan menduetkan Ganjar Pranowo-Yenny Wahid sebagai bakal capres-cawapresnya. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar