Politik Pemerintahan

Nasdem: Olahraga Jember Tidak Boleh ‘Kaleng-Kaleng’

David Handoko Seto [foto: jemberkab.go.id]

Jember (beritajatim.com) – Fraksi Partai Nasional Demokrat DPRD Jember, Jawa Timur, mengapresiasi perhatian Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman terhadap dunia olahraga. Fraksi tersebut meminta agar kontingen Jember bisa berprestasi sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur tahun depan.

“Belum sebulan dilantik, mereka langsung berkoordinasi dengan semua insan olahraga untuk membuat pemetaan semua cabang olahraga di Jember, baik olahraga prestasi yang seharusnya banyak menyumbang medali maupun olahraga non prestasi,” kata juru bicara Nasdem David Handoko Seto, dalam pandangan umum menanggapi nota pengantar Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2021, di gedung DPRD Jember, Jawa Timur, Minggu (4/4/2021) malam.

David mengingatkan, bahwa Jember harus bangga sebagai tuan rumah. “Jangan sampai kita malu. Oleh karena itu olahraganya tidak boleh ‘kaleng-kaleng’,” katanya.

RAPBD Jember mengalokasikan anggaran Rp 2,5 miliar untuk pemusatan latihan semua cabang olahraga yang ikut dalam porprov dan Rp 500 juta untuk seleksi. Selain itu, ada alokasi anggaran untuk NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) sebesar Rp 125 juta.

“Hal luar biasa bupati dan wakilnya memberikan perhatian khusus kepada cabang olahraga oleh atlet disabilitas walaupun belum maksimal. Tapi itu adalah bentuk kepedulian mereka berdua kepada kaum difabel dan sebagai tidak lanjut tentang implementasi Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Disabilitas,” kata David. Perda ini adalah perda pertama di Indonesia yang merupakan turunan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Namun David meminta kepada Hendy dan Firjaun agar tak melupakan olahraga otomotif sekaligus untuk menyelesaikan persoalan balap jalanan yang memakan korban beberapa kali. Selain itu, ia meminta agar Jember menjadi destinasi gelaran gelaran nasional lomba kicau mania dan tradisional teta’an dereh (adu merpati). [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar