Politik Pemerintahan

Nasdem Minta Pemkab Jember Siapkan Rencana Rehabilitasi Sosial Pasca Wabah

David Handoko Seto (kanan)

Jember (beritajatim.com) – Fraksi Partai Nasional Demokrat berharap Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, benar-benar mempersiapkan secara matang rencana fase rehabilitasi rekonstruksi sosial-ekonomi pasca wabah Covid19 selesai.

“Dalam masa kontijensi fase rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut, struktur APBD Jember 2022 sudah harus jelas (dengan) perencanaan program, pembagian peran, dan perencanaan keuangan yang tepat, terarah, efeltif dan efisien,” kata David Handoko Seto, juru bicara Fraksi Nasdem.

Menurut David, hal ini penting, mengingat fase rehabilitasi dan rekonstruksi merupakan aspek yang sangat krusial, namun seringkali terabaikan. “Dalam konteks penanganan Covid-19, kami berharap agar tidak hanya dampak ekonomi saja yang direspons, seperti isu PHK, penurunan pendapatan mayoritas warga, dan sebagainya,” katanya.

Dampak sosial, lanjut David, perlu diperhatikan. “Misalnya angka natalitas yang naik, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga yang meningkat, problem pembelajaran anak-anak sekolah, dan sebagainya,” katanya.

“Kami juga berharap adanya program yang mengarah pada pemeliharaan investasi sosial berupa Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) yang sudah mulai mentradisi sejak isu Covid-19 meluas di masyarakat,” kata pria yang juga penyintas Covid-19 ini.

Nasdem menekankan harus adanya program reguler agar kebiasaan baik dan sehat bisa berkelanjutan sekalipun wabah Covid-19 menghilang. “Hal ini penting agar program kesehatan untuk warga tidak hanya bersifat kuratif melainkan juga preventif,” kata David.

Sementara terkait kebencanaan, Nasdem berharap Jember segera memiliki peraturan daerah soal pengurangan risiko bencana. “Perda ini diikuti dengan rencana pembiayaan yg tepat sasaran, mengingat Kabupaten Jember salah salah satu kabupaten yg memiliki banyak potensi bencana. Dalam hal ini kami sangat mendukung rencana bupati untuk memperbanyak jumlah relawan kebencanaan terlatih di setiap desa,” kata David. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar