Politik Pemerintahan

Merasa Jadi Korban Kecurangan Pemilu 2019

NasDem Keberatan Hasil Penghitungan Suara KPU

Bojonegoro (beritajatim.com) – Banyaknya ditemukan form C1 yang patut diduga kecurangan Pileg 2019, Partai NasDem menyatakan keberatan hasil rekapitulasi suara, baik di tingkat KPU Kabupaten maupun KPU Propinsi Jatim, khususnya untuk DPR RI DAPIL IX, Bojonegoro – Tuban.

Menurut Alham M. Ubey, saksi pada rekapitulasi suara di tingkat Provinsi Jatim, hari ini di Surabaya, suara Partai NasDem, khususnya DPR RI, banyak dicurangi dengan suara yang hilang. Sehingga Patai NasDem menyatakan sangat mungkin melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita menemukan banyak sekali C1 yang aneh-aneh. Jumlah yang sebenarnya, tidak sama dengan yang ditulis. Misal, perolehan suara NasDem 43, tapi hanya ditulis satu, sementara ada C1 partai lain yang jumlah sebenarnya hanya 14 ditulis 34,” ujarnya, Senin (6/5/2019).

Menurut Alham, banyak sekali C1 yang tidak wajar. Hal ini dinilai menjadi penyebab minimnya perolehan suara caleg DPR RI partainya. “Akibat kecurangan itu, sangat menguntungkan partai lain,” kata Alhsm, yang juga Ketua DPD NasDem Bojonegoro.

Saat ini, pihaknya sedang mengumpulkan C1 yang bermasalah, baik dari Bojonegoro maupun dari Tuban. “Kita sedang mengerahkan tim untuk mengumpulkan C1 yang bermasalah itu, lalu merekapnya. Jika nanti signifikan jumlahnya, kami pasti meneruskan masalah itu ke Bawaslu dan MK RI,” katanya.

Untuk itu, Alham menyatakan mengisi form DC-2, kepada KPU Jatim, untuk menuangkan semua temuan persoalan dan keberaran Partai NasDem, saat rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat provinsi. Mantan reporter televisi nasional ini yakin, suara partainya akan kembali dan bisa meraih satu kursi untuk DPR RI di Dapil IX ini.

“Dari C1 yang kita temukan, saya yakin NasDem bisa memperoleh satu kursi,” katanya.

Sekjen Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem Pusat, Regginaldo Sultan, menyatakan, siap mengawal upaya DPD NasDem Bojonegoro untuk berjuang di jalur hukum. “Dengan temuan dugaan kecurangan penjumlahan C1 yang begitu massif, baik di Bojonegoro dan Tuban, BAHU NasDem Pusat menyatakan siap menggugat ke Mahkamah Konstitusi RI,” pungkasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar