Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Napak Tilas Harlas Sarbumusi di Sidoarjo, Wapres Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Halau Krisis Pangan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Wakil Presiden (Wapres), KH. Ma’ruf Amin hadiri napak tilas dan Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-67 Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) di Pabrik Gula Tulangan Jumat (30/9/2022).

Sarbumusi didirikan oleh ulama Nahdhatul Ulama (NU) pada 27 September 1955 di Pabrik Gula Kecamatan Tulangan. Organisasi ini merupakan badan otonom NU yang beranggotakan buruh, karyawan, dan tenaga kerja.

Menurut Ma’ruf, peringatan Harlah Sarbumusi ini sekaligus menjadi pengingat bagaimana kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Mulai dari sektor energi, pangan hingga nasib para buruh.

“Yang kita hadapi tantangan saat ini, krisis yang kita semua tahu akan terjadi kedepan. Yakni krisis energi, pangan dan finansial. Hal itu sangat berdampak bagi tenaga kerja,” katanya.

Ma’ruf menyebutkan untuk menghalau terjadinya krisis pangan, beberapa langkah perlu disiapkan. Mulai dari pemanfaatan lahan tidur hingga melibatkan para buruh untuk berpartisipasi dalam pembangkitan energi terbarukan.

“Ini nanti masalahnya adalah seperti yang saya katakan. Jangan sampai ada lahan tidur, jangan sampai ada tenaga kerja yang nganggur. Maka seharusnya masyarakat mendapatkan akses ke lahan tidur untuk pemanfaatannya,” harapnya.

Bahkan, lanjut cucu Syekh Nawawi Al Bantani itu juga mendorong masyarakat untuk mensupport pelaku UMKM dalam memperkuat sektor perekonomian daerah melalui gerakan membeli prodak lokal. [isa/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar