Politik Pemerintahan

MWCNU Tlanakan Gelar ‘Ngormat Nusantara’

Pamekasan (beritajatim.com) – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC-NU) bersama Banom NU Tlanakan, menggelar program kajian yang dikemas dengan ‘Ngormat Nusantara’ di Pendopo Kecamatan Tlanakan, Sabtu (9/2/2019) malam.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pendidikan Politik dan Politik Pendidikan’, penitia pelaksana menghadirkan perwakilan dari Bakesbangpol Pamekasan, Abdul Muin bersama salah satu Komisioner KPU Pamekasan, Mohammad Subhan.

“Prinsipnya pendidikan politik sangat diperlukan oleh masyarakat yang sudah memiliki hak dalam berpolitik, apalagi bagi masyarakat yang sudah dilindungi haknya berdasar ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Abdul Muin.

Dari itu, pihaknya menyampaikan sekaligus mengajak semua elemen masyarakat agar bersama-sama memberikan pendidikan politik yang baik, santun dan bermartabat. “Sebagai warga negara yang baik, kita semestinya harus memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat,” ajak pria yang juga menjabat sebagai Rektor IAI Al-Khairat, Pamekasan.

“Selain itu, para pelaku politik juga semestinya harus dewasa dalam berpolitik. Mereka harus menguasai menejemen politik yang baik, dan tentunya juga harus dibarengi dengan jiwa yang kuat dalam berpolitik. Terlebih saat ini sudah memasuki tahun politik,” jelasnya.

Sementara Komisioner KPU Pamekasan, Mohammad Subhan menyampaikan bahwa pendidikan politik merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan politik. “Seperti kita ketahui, politik harus diikuti oleh warga negara, mereka juga harus tahu memilih wakil yang sekiranya mampu mengawal hak-hak mereka,” ungkapnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan secara panjang lebar seputar teknis menyalurkan hak suara khususnya dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu). “Sebagai warga yang memiliki kesadaran dan pengetahuan politik, kita harus tahu cara menghindari cara politik yang tidak baik. Semisal money politic dan jenis pelanggaran lainnya,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar